Pemanfaatan Potensi Budaya Lokal untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS di SD

Kawuryan, Sekar Purbarini (2009) Pemanfaatan Potensi Budaya Lokal untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS di SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sekar-purbarini-kawuryan-07705251002.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di SD melalui pemanfaatan potensi budaya lokal, dan mendapatkan bukti-bukti peningkatan kualitas pembelajaran IPS setelah dimanfaatkannya potensi budaya lokal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas partisipatif. Desain penelitian menggunakan model spiral dari Kemmis & Taggart. Penelitian dilakukan di SD Negeri Pakem I dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data ditempuh dengan cara kualitatif melalui langkah-langkah reduksi, simplifikasi, klasifikasi data kualitatif (deskripsi-naratif), disajikan menggunakan tabel dan diagram, serta menafsirkan hubungan antarvariabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan potensi budaya lokal selama dua siklus penelitian mampu meningkatkan kualitas pembelajaran. Peningkatan kualitas proses tampak dari keaktifan dan partisipasi siswa dalam kegiatan kelompok, interaksi siswa dengan siswa, interaksi siswa dengan guru,dan interaksi siswa dengan sumber belajar. Peningkatan kualitas hasil belajar tampak pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Aspek kognitif terlihat dari peningkatan rerata hasil belajar siswa sebelum (58,7) dan setelah tindakan (83,4). Untuk aspek afektif dan psikomotor, selain melalui pembelajaran di kelas, juga dapat lebih ditingkatkan melalui studi lapangan ke Desaku. Dengan mengetahui secara langsung kegiatan yang dilakukan oleh petani di Kecamatan Pakem, siswa belajar lebih menghargai petani dan lingkungan sekitar mereka. Pengalaman bercocok tanam, memanen sayuran, dan menangkap ikan melatih keterampilan siswa menerapkan konsep yang sudah diperoleh melalui pembelajaran di kelas. Selain itu, pemanfaatan potensi budaya lokal seperti sego wiwit dan uborampenya, lesung-alu, kenthongan, serta gerobag sapi menjadi sumber belajar yang bermakna bagi siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan IPS
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 03 Jun 2017 04:40
Last Modified: 03 Jun 2017 04:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49412

Actions (login required)

View Item View Item