Peranan MGMP Dalam Peningkatan Kompetensi Guru IPS SMP di Kabupaten Purbalingga

Santosa, Puji (2009) Peranan MGMP Dalam Peningkatan Kompetensi Guru IPS SMP di Kabupaten Purbalingga. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-puji-santosa-05705259017.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keefektifan peranan program MGMP dalam peningkatkan kompetensi guru IPS SMP pada SMP Potensial menurut standar ideal SMP Standar Nasional di Kabupaten Purbalingga, dan (2) mengetahui keefektifan peningkatan kompetensi guru pada SMP Potensial menurut standar ideal SMP Standar Nasional di Kabupaten Purbalingga dalam mengoptimalkan keterampilan proses belajar mengajar, mengelola kelas, keterampilan bertanya, menguasai materi dan ketrampilan mengevaluasi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru anggota MGMP IPS Tingkat SMP dan Siswa SMP Potensial dan SMP Standar Nasional di Kabupaten Purbalingga. Sampel sebesar 56 guru peserta MGMP IPS, yang diambil dengan teknik purposive sampling. Penilaian kompetensi guru dilakukan oleh siswa yang ditetapkan secara purposive sampling sebanyak 56 orang. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model context, input, process, dan product (CIPP). Pengumpulan data dengan instrumen kuesioner dan pedoman wawancara. Analisis data membandingkan kinerja guru dengan kinerja standar nasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan program MGMP dalam peningkatan kompetensi guru IPS SMP di Kabupaten Purbalingga dalam hal: relevansi materi (context) sangat efektif (85,29%), partisipasi peserta (input) sangat tinggi (96,89%), pelaksanaan program (process) sangat efektif (97,54%), dan kemanfaatan program (product) sangat efektif (96,61%). Dengan demikian peranan MGMP dalam meningkatkan kompetensi guru IPS di SMP Potensial sangat efektif. Penguasaan kompetensi guru dalam hal: menyiapkan dan merencanakan proses pembelajaran (context) sangat efektif (95,96%), mengelola kelas (input) sangat efektif (99,32%), keterampilan bertanya (process) sangat efektif (96,75%), menguasai materi (process) sangat efektif (97,08%) dan mengevalusi proses pembelajaran (product) sangat efektif (95,04%). Dengan demikian penguasaan kompetensi guru IPS SMP Potensial anggota MGMP sudah sangat baik dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: guru - profesionalisme
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 03 Jun 2017 04:29
Last Modified: 03 Jun 2017 04:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49411

Actions (login required)

View Item View Item