LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Angen Kinanti, Angen Kinanti (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13401241036_Angen Kinanti_Pendidikan Kewarganegaraa_FIS.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman lapangan (PPL) pada dasarnya untuk memberikan pengalaman mengajar. Memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan ketrampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan untuk memecahkan masalah.Kegiatan PPL meliputi tahap persiapan dan pelaksanaan. Dalam tahap persiapan PPL diuraikan mengenai hasil observasi dan seperangkat persiapan mengajar yang diperoleh berdasarkan pengamatan proses pembelajaran di kelas serta kondisi peserta didik. Persiapan mengajar itu sendiri mencakup pembuatan perangkat pembelajaran, yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan KTSP serta persiapan media yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satu tempat yang menjadi lokasi PPL UNY 2016 adalah SMK Negeri 1 Yogyakarta yang beralamat di Jalan Kemetiran Kidul, Pringgokusuman, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 18 Juli sampai 15 September 2016. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan inti PPL berupa praktik mengajar di kelas. Praktik mengajar mencakup kegiatan pendahuluan berupa apersepsi, penyampaian materi dan penutup. Hambatan dalam pelaksanaan praktik mengajar lebih mengarah pada masalah penguasaan kelas, khususnya dalam memfokuskan perhatian siswa terhadap pelajaran yang tengah diberikan. Hasil yang didapat dari melaksanakan kegiatan PPL adalah pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman menghadapi peserta didik yang mempunyai karakter yang berbeda-beda, belajar untuk mrmbuat persiapan bahan ajar yang akan diajarkan, belajar untuk mengatasi hambatan yang muncul saat kegiatan pelajaran berlangsung dan bergaul dengan Bapak/ Ibu Guru yang ada sebagai pembimbing dalam mengajar di SMK N 1 Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan PPL dapat berjalan dengan baik. Hal ini dapat teramati dalam kegiatan belajar mengajar dimana sebagian besar siswa menyimak dan mengikuti pelajaran dengan tertib.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMK Negeri 1 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jun 2017 05:55
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49393

Actions (login required)

View Item View Item