LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

DWI ASTUTI, DWI ASTUTI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang salah satunya berlokasi di SMA Negeri 5 Yogyakarta telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Kelompok PPL terdiri dari 26 mahasiswa dari berbagai jurusan. Tujuan diadakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa tentang dunia pendidikan secara nyata sehingga nantinya diharapkan dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional di bidangnya. Kegiatan PPL yang dilaksanakan dimulai dari proses pembuatan Administrasi Guru, kemudian diikuti dengan kegiatan mengajar serta evaluasi. Pembuatan administrasi meliputi pembuatan Program tahunan, Program semester, Analisis hari efektif, silabus, Rencana Proses Pembelajaran (RPP), pembuatan pembuatan soal untuk evaluasi, pembuatan soal untuk remediasi. Dalam melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan, mahasiswa menggunakan metode yang tersusun secara berurutan, yang dimualai dari melakukan observasi kondisi sekolah serta pembelajaran di kelas dan peserta didik dengan bimbingan guru pembimbing. Setelah melakukan observasi, mahasiswa berkonsultasi dengan guru pembimbing dan dosen pembimbing lapangan untuk membahas langkah-langkah yang akan ditempuh mahasiswa dalam mempersiapkan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Mahasiswa mendapat bimbingan dan arahan secara langsung dari guru pembimbing lapangan, mulai dari penyusunan Rencana Proses Pembelajaran sampai dengan pelaksanaannya, selama kegiatan mengajar berlangsung di kelas, mahasiswa PPL mengajar secara teriming dan mandiri sesuai dengan aturan yang dibuat oleh LPPMP. Setelah pelaksanaan RPP selesai, guru pembimbing mengevaluasi pelaksanaan RPP di kelas dan memberikan masukan-masukan untuk pelaksanaan RPP selanjutnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jun 2017 05:42
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49391

Actions (login required)

View Item View Item