LAPORAN PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SD NEGERI KRATON

RANIKA KUSUMA WARDANI, RANIKA KUSUMA WARDANI (2016) LAPORAN PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SD NEGERI KRATON. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu bentuk pendidikan yang memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan mendalami permasalahan-permasalahan pada lembaga pendidikan. Tujuan dari pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah sebagai wahana dan sarana bagi mahasiswa dalam menerapkan ilmu serta pengetahuan yang telah didapat selama kuliah guna mengukur seberapa besar kemampuannya dalam melakukan peran sebagai anggota masyarakat. Pada kelompok Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah, mahasiswa diharapkan dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga dan ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program pengembangan atau pembangunan sekolah. Dalam hal ini akan tampak peranan mahasiswa sebagai organisator, fasilitator, asessor dan motivator dalam rangka merangsang peningkatan kualitas sekolah, baik secara fisik maupun non fisik. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SDN Kraton dilakukan mulai tanggal 15 Juli 2016 hingga 15 September 2016. Setelah melakukan observasi dan mengamati kondisi yang ada, mahasiswa praktikan merencanakan beberapa program kerja yang sekiranya akan dilakukan selama masa PPL. Program tersebut meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), persiapan dan pembuatan media, dan praktik mengajar. Dalam praktik mengajar, mahasiswa melakukan 4 kali praktik mengajar terbimbing, 4 kali praktik mengajar mandiri, serta 1 kali ujian praktik mengajar. Seluruh kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik. Meskipun ada sedikit kendala dalam pelaksanaannya, namun kendala tersebut dapat diatasi dengan adanya bantuan dan kerjasama yang baik dari seluruh rekan mahasiswa serta pihak sekolah. Dari pelaksanaan PPL tersebut mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dalam hal manajerial di sekolah dan permasalahan yang dihadapi yang bermanfaat sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 31 May 2017 07:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49379

Actions (login required)

View Item View Item