ENGARUH PENERAPAN CHEMISTRY EDUTAINMENT GAMES TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 PLERET TAHUN AJARAN 2016/2017

Rahmawati, Dhelina Puteri Nur (2017) ENGARUH PENERAPAN CHEMISTRY EDUTAINMENT GAMES TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 PLERET TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 Skripsi_Dhelina%20Puteri%20Nur%20Rahmawati_13303244025.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Chemistry Edutainment Games yang ditandai dengan adanya perbedaan 1) motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Chemistry Edutainment Games, 2) motivasi belajar peserta didik yang menggunakan metode Chemistry Edutainment Games dengan yang menggunakan metode konvensional, dan 3) prestasi belajar peserta didik yang menggunakan metode Chemistry Edutainment Games dengan yang menggunakan metode konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pleret. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen (XI IPA 2) dan kelas kontrol (XI IPA 3) yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian terdiri dari Chemistry Edutainment Games, RPP, angket motivasi belajar, dan soal prestasi belajar kimia. Uji prasyarat hipotesis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Data dianalisis menggunakan uji-t sama subjek, uji-t beda subjek, dan uji anakova (analisis kovarian). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Chemistry Edutainment Games, 2) tidak ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar peserta didik yang menggunakan metode Chemistry Edutainment Games dengan yang menggunakan metode konvensional, 3) tidak ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar peserta didik yang menggunakan metode Chemistry Edutainment Games dengan yang menggunakan metode konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 31 May 2017 06:50
Last Modified: 30 Jan 2019 14:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49377

Actions (login required)

View Item View Item