PENGEMBANGAN SISTEM INVENTORI ALAT-ALAT LABORATORIUM KIMIA (SIA) SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA SMK JURUSAN KIMIA ANALISIS

Muninggar, Febriana Wahyu (2017) PENGEMBANGAN SISTEM INVENTORI ALAT-ALAT LABORATORIUM KIMIA (SIA) SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA SMK JURUSAN KIMIA ANALISIS. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 Skripsi Muninggar.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi inventori alat-alat laboratorium kimia (SIA) yang dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri bagi siswa SMK jurusan kimia analisis dan menguji kualitas aplikasi sebagai sumber belajar mandiri. Metode dalam penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model pengembangan menurut Borg dan Gall. Produk yang dihasilkan berupa aplikasi pengolahan database inventarisasi dan aplikasi pembacaan barcode pada smartphone. Produk divalidasi oleh dosen ahli materi dam dosen ahli media. Saran dan masukan digunakan untuk dasar merevisi produk. Kemudian dilakukan penilaian kualitas produk oleh 5 orang guru sebagai reviewer dan uji terbatas pada 15 siswa. Berdasarkan penilaian reviewer aplikasi termasuk dalam kategori sangat baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 82,75%. Hasil uji terbatas pada siswa menunjukan kualitas aplikasi termasuk dalam kategori sangat baik (SB). Adapun persentase keidealan aplikasi dinilai sebesar 86,84%. Dari kedua penilaian tersebut, aplikasi SIA temasuk dalam kategori sangat baik (SB) sehingga layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri siswa SMK Jurusa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 31 May 2017 06:23
Last Modified: 30 Jan 2019 14:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49376

Actions (login required)

View Item View Item