ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 PADA PRAKTIKUM KIMIA MATERI LAJU REAKSI

Istiqomah, Rizky Azmiarti (2017) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 PADA PRAKTIKUM KIMIA MATERI LAJU REAKSI. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 SKRIPSI%20rizkyazmiartiistiqomah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui persentase kemampuan representasi praktikum pada tingkat makroskopik, submikroskopik, dan simbolik, (2) mengetahui kemampuan representasi praktikum peserta didik dengan metode eksperimen dan metode demonstrasi, dan (3) mengetahui kemampuan representasi praktikum peserta didik dari praktikum pertama sampai keempat pada materi laju reaksi kelas XI SMA Negeri 2 Sleman tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat ex post facto menggunakan desain satu faktor dan rancangan satu sampel. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan purposive cluster sampling dan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Sleman yang berjumlah 32 peserta didik. Instrumen yang dipakai dalam penelitian adalah lembar petunjuk praktikum dan soal kemampuan representasi praktikum yang dibuat dalam bentuk representasi makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Instrumen yang digunakan disusun sendiri oleh peneliti dengan mengembangkan kisi-kisi dan divalidasi menggunakan validasi logis berdasarkan ahli (expert judgement) oleh dosen dan masukan dari pendidik yang mengampu mata pelajaran kimia. Hasil jawaban peserta didik kemudian digunakan untuk menghitung reliabilitas soal dengan koefisien reliabilitas alpha cronbach dan menghitung persentase kemampuan representasi. Hasil penelitian menghasilkan persentase kemampuan representasi praktikum pada tingkat makroskopik, submikroskopik, dan simbolik berturut-turut sebesar 70,38%, 62,97%, dan 80,09%. Persentase kemampuan representasi praktikum peserta didik dengan metode eksperimen sebesar 66,88% dan metode demonstrasi sebesar 72,85%. Persentase kemampuan representasi praktikum pertama sebesar 70,21%, praktikum kedua sebesar 75,48%, praktikum ketiga sebesar 53,22%, dan praktikum keempat sebesar 80,53%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 31 May 2017 04:35
Last Modified: 30 Jan 2019 14:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49373

Actions (login required)

View Item View Item