PENGARUH PENERAPAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS INQUIRY SCIENCE LABORATORY TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 SEDAYU SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Wardani, Sesilia Yulia (2017) PENGARUH PENERAPAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS INQUIRY SCIENCE LABORATORY TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 SEDAYU SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) ada tidaknya perbedaan sikap ilmiah peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan buku petunjuk praktikum berbasis inquiry science laboratory; 2) ada tidaknya perbedaan sikap ilmiah antara peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan buku petunjuk praktikum kimia berbasis inquiry science laboratory dengan peserta didik di kelas kontrol; 3) ada tidaknya perbedaan prestasi belajar antara peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan buku petunjuk praktikum kimia berbasis inquiry science laboratory dengan peserta didik di kelas kontrol jika pengetahuan awal dikendalikan secara statistik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental posttest only design dan pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA Reguler SMA Negeri 1 Sedayu tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 128 yang terbagi menjadi 5 kelas. Dua kelas sebagai sampel penelitian diambil secara purposive sampling dan satu kelas sebagai kelas validasi instrumen penelitian. Data dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi, angket dan tes prestasi belajar. Metode analisis yang digunakan yaitu uji paired samples t-test, uji independent sample t-test dan uji anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan sikap ilmiah peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan buku petunjuk praktikum berbasis inquiry science laboratory; 2) tidak ada perbedaan sikap ilmiah antara peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan buku petunjuk praktikum kimia berbasis inquiry science laboratory dengan peserta didik di kelas kontrol; 3) ada perbedaan prestasi belajar antara peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan buku petunjuk praktikum kimia berbasis inquiry science laboratory dengan peserta didik di kelas kontrol jika pengetahuan awal dikendalikan secara statistik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 31 May 2017 03:39
Last Modified: 30 Jan 2019 14:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49370

Actions (login required)

View Item View Item