LAPORAN PPL LOKASI SD NEGERI KRATON

DENY ESTININGTYAS, DENY ESTININGTYAS (2016) LAPORAN PPL LOKASI SD NEGERI KRATON. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta yang berlokasi di SD Negeri Kraton ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan menggali pengalaman mengajar secara profesional di lingkungan sekolah. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing dan mandiri sebanyak 8 kali yang dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Selain itu dilaksanakan pula ujian praktik mengajar sebanyak dua kali pada tanggal 6 dan 7 September 2016. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, dan analisis hasil. Tahapan persiapan PPL meliputi pembekalan dan orientasi pengajaran mikro, pengamatan AVA, praktik pengajaran mikro, observasi pembelajaran, dan membuat persiapan mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri dan ujian. Kegiatan pembelajaran yang lain yaitu mengajar insidental menggantikan guru yang tidak berangkat. Kegiatan selain praktik mengajar, juga dilakukan kegiatan non mengajar. Adapun program kerja yang telah dilaksanakan meliputi pembuatan RPP, pembuatan media, KBM terencana dan insidental, koreksi hasil pekerjaan siswa, upacara, rapat koordinasi, semutlis, senam, jalan sehat, kerja bakti, pengelolaan perpustakaan, peringatan 17 Agustus, pelengkapan data administrasi, pendampingan pramuka, perpisahan PPL, penyusunan laporan PPL. Tahap analisis hasil berisi hasil pelaksanaan, hambatan, solusi, dan refleksi. Dari pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 31 May 2017 00:41
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49358

Actions (login required)

View Item View Item