PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SENSOR DAN TRANSDUSER BERBASIS PC DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR-SENSOR PADA SMARTPHONE ANDROID

Rian Majid, Permana (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SENSOR DAN TRANSDUSER BERBASIS PC DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR-SENSOR PADA SMARTPHONE ANDROID. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi-Rian Majid Permana_10518244012.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dirancang dengan tujuan: (1) mengetahui rancang bangun media pembelajaran Sensor dan Transduser dengan menggunakan sensor-sensor pada smartphone Android, (2) mengetahui unjuk kerja media pembelajaran Sensor dan Transduser dengan menggunakan sensor-sensor pada smartphone Android, dan (3) mengetahui kelayakan media pembelajaran Sensor dan Transduser dengan menggunakan sensor-sensor pada smartphone Android Menurut ahli materi, ahli media, dan ahli pengguna. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan kombinasi konsep ADDIE dan waterfall. 1) Tahap analisis berisi tentang proses mengidentifikasi kebutuhan karakteristik siswa dan relevansi media terhadap penerapan kurikulum. Identifikasi kebutuhan yang diperlukan akan diolah menjadi karakter software yang akan dibuat. 2) Proses perancangan merupakan tindakan yang akan dilakukan setelah menganalisa kebutuhan. Perancangan yang dilakukan dengan menyusun lembar kerja dan pelengkap lain yang disesuaikan dengan rancangan software. 3) Pengembangan yang dilakukan adalah dengan membuat lembar kerja dan program software sesuai dengan kebutuhan. Proses pengumpulan data menggunakan angket. Instrumen angket diadopsi dari penelitian yang dilakukan oleh Wisnu Tri Nugroho pada tahun 2015. Kelayakan media pembelajaran diuji oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Analisis data dilakukan dengan dengan menggunakan teknik deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) dibutuhkan media pembelajaran Sensor dan Transduser berbasis PC dengan menggunakan sensor-sensor pada smartphone Android, (2) hasil penilaian ahli materi memperoleh skor rerata total 68.75% dengan kategori layak, (3) hasil penilaian menurut ahli media memperoleh rerata skor total 84.28% dengan kategori sangat layak, (3) hasil penilaian menurut pengguna memperoleh rerata skor 84.80% dengan kategori sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran, ADDIE, waterfall, sensor Android.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 31 May 2017 00:45
Last Modified: 30 Jan 2019 14:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49356

Actions (login required)

View Item View Item