Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika pada Penjumlahan Vektor

Utomo, Thomas Prasetyo (2017) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika pada Penjumlahan Vektor. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-thomas-prasetyo-utomo-06707254016.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: ( 1) mengembangkan perangkat lunak berbasis flash 8 untuk mendesain multimedia pembelajaran fisika pada penjumlahan vektor; (3) mengetahui kompetensi siswa terkait konsep vektor setelah menggunakan program multimedia pembelajaran fisika pada penjumlahan vektor; (2) mengetahui kualitas produk multimedia pembelajaran fisika pada penjumlahan vektor. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan di bidang pendidikan yang memadukan model penelitian dan pengembangan Borg & Gall, model desain pembelajaran Dick & Carey, dan model desain CBI (Computer-Based Instructional) dari Criswell. Pengembangan multimedia pembelajaran fisika pada penjumlahan vektor dilakukan melalui beberapa tahap , yaitu analisis pembelajaran, desain, produksi, evaluasi, dan implementasi. Responden penelitian ini terdiri dari satu ahli media, satu ahli materi, dan lima siswa SMA untuk uji coba kelompok kecil. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data evaluasi dari ahli materi, data evaluasi ahli media, dan data uji coba kelompok kecil, yaitu dalam bentuk hasil pre-test dan post-test terkait dengan kompetensi dasar 1.2 menjumlahkan vektor. Instrumen pengumpulan data berupa lembar evaluasi untuk ahli materi maupun ahli media dan tes untuk uji coba kelompok kecil berupa soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) produk multimedia pembelajaran fisika pada penjumlahan vektor dengan menggunakan program flash profesional 8 yang dikemas dalam CD; (2) kualitas produk multimedia yang dikembangkan secara keseluruhan termasuk dalam kategori baik, ditinjau dari hasil validasi ahli media dengan nilai rerata 4,05 dalam skala 5, ditinjau dari hasil validasi ahli materi pada aspek pembelajaran dengan nilai rerata 3,94 dalam skala 5 dan pada aspek materi dengan nilai rerata 4,00 dalam skala 5; (3) penggunaan produk pengem bangan multimedia pembelajaran fisika pada penjumlahan vektor bagi lima siswa SMA Negeri I Cangkringan Sleman kelas XA tahun pelajaran 201 3/201 4 dapat menaikkan nilai rata-rata ulangan harian untuk KD. 1.2 menjumlahkan vektor sebesar 126%, yaitu dari nilai 40,00 (semua siswa tidak tuntas , nilai kriteria ketuntasan minimal adalah 72) menjadi nilai 90,40 (semua siswa tuntas) yang diketahui dari hasil pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil tersebut, maka produk multimedia pembelajaran fisika pada penjumlahan vektor layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: teknologi pendidikan
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 30 May 2017 04:51
Last Modified: 29 Jan 2019 12:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49355

Actions (login required)

View Item View Item