PENGEMBANGAN MODUL IPA BERMUATAN NATURE OF SCIENCE (NOS) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP KELAS VII PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Kurniawati, Hesti (2017) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERMUATAN NATURE OF SCIENCE (NOS) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP KELAS VII PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. S1 thesis, FMIPA UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan modul IPA bermuatan nature of science (NOS) untuk meningkatkan literasi sains peserta didik yang layak menurut dosen ahli dan guru IPA, dan 2) mengetahui peningkatan literasi sains peserta didik setelah menggunakan modul IPA bermuatan nature of science (NOS). Penelitian pengembangan modul IPA ini menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas VII SMP N 1 Ngemplak. Instrumen dalam penelitian meliputi lembar validasi modul IPA, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal pretest-posttest literasi sains dan angket respon keterbacaan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan pada lembar validasi adalah analisis dengan pedoman kriteria penilaian ideal untuk menentukan kelayakan modul IPA. Data keterlaksanaan pembelajaran dan respon peserta didik dianalisis menggunakan pedoman kriteria penilaian dalam bentuk persentase, dan pada soal pretest-posttest dianalisis dengan menggunakan gain score. Hasil penelitian pengembangan yaitu 1) modul IPA bermuatan nature of science untuk meningkatkan literasi sians peserta didik layak menurut dosen ahli guru IPA dengan kategori Sangat Baik, 2) modul IPA bermuatan NOS dapat meningkatkan literasi peserta didik dengan kategori Sedang. Kata kunci: modul IPA, literasi sains, nature of science (NOS) This research aims to 1) develop a eligibel science module contained nature of science to improve scientific literacy of students according to expert lecturer and science teacher, and 2) to know the improvement of scientific literacy after using science module . Development research of science module using 4D model including define stage, design stage, develop stage, and disseminate stage. The subject of this research is 32 students in class VII A of SMP N 1 Ngemplak. The Instumen of this research is validation questionnaire of science module, observation sheet of learning implementation, scientific literacy pretest-posttest question, and student respond questionnaire. The technique of data analysis that used in validation questionnaire is analysis with ideal assessment criteria to determining the eligibility of the science module. Learning implementation data and student response will be analyzed using assessment criteria standard in the form of percentage, and the pretest-posttest question will be analyzed using gain score. The results of the research are 1) science module contained NOS is declared eligibel by expert lecturer science teacher which achieving very well category. 2) Science module contained NOS can improve students scientific literacy with Medium category.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: science module, science literacy nature of science (NOS)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 13 Oct 2017 01:35
Last Modified: 30 Jan 2019 14:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49351

Actions (login required)

View Item View Item