Sutirman, Sutirman (2017) Pengembangan E-Module Berbasis Experiential Learning untuk Pembelajaran Manajemen Arsip Elektronik di SMK. S3 thesis, UNY.
Text
disertasi-sutirman-11702261003.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan e-module berbasis experiential learning untuk pembelajaran manajemen arsip elektronik di SMK; 2) Mengetahui kelayakan e-module berbasis experiential learning untuk pembelajaran manajemen arsip elektronik di SMK; dan 3) Mengetahui keefektifan e-module berbasis experiential learning untuk pembelajaran manajemen arsip elektronik di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Web-Based Instructional Design (WBID) yang dikembangkan oleh Davidson-Shiver dan Rasmussen. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang dilakukan meliputi: analisis, perencanaan evaluasi, desain terpadu, implementasi, dan evaluasi sumatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik delphi, angket, wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan tes. Data penelitian tahap analisis, perencanaan evaluasi, desain terpadu, dan implementasi dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pengujian efektivitas produk pada tahap evaluasi sumatif menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen pretest-posttest non-equivalent control group dengan uji t sampel independen. Hasil penelitian dan pengembangan menyimpulkan bahwa: 1) E-module berbasis experiential learning untuk pembelajaran manajemen arsip elektronik yang dikembangkan memiliki karakteristik: (a) online, (b) interaktif, (c) memiliki kontrol akses, (d) menggunakan strategi experiential learning, (e) mencakup materi manajemen file, alih media arsip, software kearsipan elektronik, dan konsep manajemen arsip elektronik, (f) materi dapat diunduh, (g) tidak menggantikan model belajar di kelas, tetapi memperkuat pembelajaran di kelas (web-supported instruction), dan (h) dapat dilakukan secara synchronous dan asynchronous.; 2) E-module berbasis experiential learning untuk pembelajaran manajemen arsip elektronik yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak digunakan pada aspek materi, pembelajaran, dan media; dan 3) E-module berbasis experiential learning untuk pembelajaran manajemen arsip elektronik terbukti efektif meningkatkan kompetensi siswa pada aspek kognitif, psikomotor, dan afektif.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teknologi pendidikan |
Subjects: | Pendidikan > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 30 May 2017 02:54 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 02:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49348 |
Actions (login required)
View Item |