PENERAPAN BAHAN AJAR KIMIA MINYAK BUMI TERINTEGRASI KONTEKS KEJURUAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN LITERASI SAINS SISWA SMK KELAS XI PROGRAM STUDI TEKNIK OTOMOTIF DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Pramesari, Avionita (2017) PENERAPAN BAHAN AJAR KIMIA MINYAK BUMI TERINTEGRASI KONTEKS KEJURUAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN LITERASI SAINS SISWA SMK KELAS XI PROGRAM STUDI TEKNIK OTOMOTIF DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 SKRIPSI Avionita.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) ada tidaknya perbedaan minat belajar siswa di SMK Negeri 2 Yogyakarta dengan menerapkan bahan ajar kimia minyak bumi terintegrasi konteks kejuruan Teknik Otomotif; 2) ada tidaknya perbedaan tingkat literasi sains siswa di SMK Negeri 2 Yogyakarta dengan menerapkan bahan ajar kimia minyak bumi terintegrasi konteks kejuruan Teknik Otomotif; dan 3) tanggapan siswa di SMK Negeri 2 Yogyakarya terhadap bahan ajar kimia terintegrasi konteks kejuruan Teknik Otomotif yang dikembangkan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKR (Teknik Kendaraan Ringan) SMK Negeri 2 Yogyakarta. Sampel yang diambil adalah dua kelas secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, tes, dan observasi. Instrumen dianalisis menggunakan uji analisis n-gain, uji prasyarat, dependent t-test, independent t-test, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan minat belajar siswa di SMK Negeri 2 Yogyakarta dengan menerapkan bahan ajar kimia minyak bumi terintegrasi konteks kejuruan Teknik Otomotif; 2) ada perbedaan tingkat literasi sains siswa di SMK Negeri 2 Yogyakarta dengan menerapkan bahan ajar kimia minyak bumi terintegrasi konteks kejuruan Teknik Otomotif; dan 3) tanggapan siswa di SMK Negeri 2 Yogyakarta terhadap bahan ajar kimia terintegrasi konteks kejuruan Teknik Otomotif yang dikembangkan termasuk kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 29 May 2017 07:56
Last Modified: 30 Jan 2019 14:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49336

Actions (login required)

View Item View Item