EFEKTIVITAS PENERAPAN KOLABORASI MODEL THINK-PAIRSHARE (TPS) DAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH PADA MATERI ASAM DAN BASA KELAS XI SMA NEGERI 1 SEWON TAHUN AJARAN 2016/2017

Rahmawati, Azmi (2017) EFEKTIVITAS PENERAPAN KOLABORASI MODEL THINK-PAIRSHARE (TPS) DAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH PADA MATERI ASAM DAN BASA KELAS XI SMA NEGERI 1 SEWON TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI Azmi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam materi kimia kelas XI SMA Negeri 1 Sewon antara yang mengikuti pembelajaran dengan kolaborasi model TPS dan model POE dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran model Discovery Learning, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan, serta mengetahui adanya perbedaan yang signifikan pada sikap ilmiah peserta didik dalam pembelajaran kimia sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan kolaborasi model TPS dan model POE,. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI semester 2 SMA Negeri 1 Sewon tahun ajaran 2016/2017 yang terbagi dalam 5 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Masing-masing kelas terdiri dari 31 peserta didik. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah uji-t pair samples t-test) dan uji anakova satu jalur (one way anacova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran kolaborasi model TPS dan POE dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran model Discovery Learning, jika pengetahuan awal dikendalikan secara statistik, serta terdapat perbedaan yang signifikan terhadap sikap ilmiah peserta didik, sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan kolaborasi model TPS dan POE.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 29 May 2017 07:44
Last Modified: 30 Jan 2019 14:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49334

Actions (login required)

View Item View Item