PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU MISTERI UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA DINAMIS

Lutfiani, Anis and Suyoso, Suyoso (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU MISTERI UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA DINAMIS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP_ANIS LUTFIANI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan media ini bertujuan untuk 1) menghasilkan media pembelajaran Kartu Misteri yang layak untuk membantu mencapai ketuntasan hasil belajar peserta didik pada pelajaran fisika materi fluida dinamis, dan 2) mengetahui pencapaian ketuntasan hasil belajar peserta didik pada proses pembelajaran fisika materi fluida dinamis yang menggunakan Kartu Misteri sebagai media pembelajaran. Pengembangan media Kartu Misteri dilakukan dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Pada tahap develop dilakukan validasi ahli, yang terdiri dari 1 dosen ahli media, 1 dosen ahli materi, dan 1 guru fisika sebagai praktisi, dan dilakukan uji coba terbatas dengan jumlah subjek sebanyak 30 peserta didik Kelas XI dan uji lapangan luas dengan jumlah subjek sebanyak 63 peserta didik Kelas XI. Analisis data untuk mengetahui kualitas dan kelayakan media digunakan analisis skala lima, sedangkan analisis untuk mengetahui pemahaman konsep yang dicapai peserta didik digunakan presentase ketercapaian dan nilai KKM sebagai tolok ukur ketuntasan. Data dari analisis pemahaman konsep didapatkan dari data post-test yang diambil dengan menggunakan desain one-shot case study. Hasil penelitian adalah 1) dihasilkan media pembelajaran Kartu Misteri untuk materi fluida dinamis dengan kategori sangat baik yang layak digunakan untuk mencapai ketuntasan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran fisika materi fluida dinamis, dan 2) presentase ketercapaian hasil belajar materi fluida dinamis oleh peserta didik pada uji coba terbatas adalah sebesar 67% dengan interpretasi cukup, sedangkan hasil presentase ketercapaian hasil belajar materi fluida dinamis oleh peserta didik pada uji lapangan luas adalah sebesar 79,21% dengan interpretasi baik. Kata Kunci: Kartu Misteri, pemahaman konsep, fluida dinamis, pengembangan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 29 May 2017 05:01
Last Modified: 30 Jan 2019 14:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49329

Actions (login required)

View Item View Item