HAMBATAN SISWA KELAS VII BELAJAR SENAM LANTAI GULING DEPAN DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK TAHUN AJARAN 2016/2017

Ade, Prasetyo (2017) HAMBATAN SISWA KELAS VII BELAJAR SENAM LANTAI GULING DEPAN DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
ADE SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah ada 40% atau 30 siswa belum tuntas pada materi senam lantai guling depan berdasarkan nilai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hambatan siswa kelas VII belajar senam lantai guling depan dalam pembelajaran penjasorkes di SMP Muhammadiyah 2 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survey. Teknik pengambilan data menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Depok, Sleman yang terdiri dari kelas VII A 9 siswa, kelas VII B 11 siswa, kelas VII C 10 siswa sehingga secara keseluruhan berjumlah 30 responden. Nilai validitas dari 35 item tes terdapat 26 pernyataan yang dinyatakan valid. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase dibagi menjadi 5 kategori. Hasil penelitian secara keseluruhan diperoleh 3 siswa atau sebesar (10%) mengalami hambatan belajar guling depan dalam kategori sangat tinggi, 3 siswa atau sebesar (10%) mengalami hambatan belajar guling depan dalam kategori tinggi, 16 siswa atau sebesar (53,333%) mengalami hambatan belajar guling depan dalam kategori cukup, 7 siswa atau sebesar (23,333%) mengalami hambatan belajar guling depan dalam kategori rendah dan 1 siswa atau sebesar (3,334%) mengalami hambatan belajar guling depan dalam kategori sangat rendah, sehingga dapat disimpulkan bahwa hambatan siswa kelas VII belajar senam lantai guling depan dalam pembelajaran penjasorkes di SMP Muhammadiyah 2 Depok secara keseluruhan mempunyai kategori cukup/kesulitan sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hambatan, senam lantai, guling depan, siswa kelas VII
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 May 2017 06:07
Last Modified: 29 May 2017 06:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49324

Actions (login required)

View Item View Item