KETERLAKSANAAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Ade Ayu, Laksmitaningrum (2017) KETERLAKSANAAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Keterlaksanaan Permainan Tradisional.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya guru penjasorkes dibeberapa SD belum menggunakan permainan tradisional dalam pembelajaran penjasorkes sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dalam kurikulum guru penjasorkes harus melaksanakan permainan tradisional dalam pembelajaran penjasorkes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan permainan tradisional dalam pembelajaran penjasorkes di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Subjek penelitian ini adalah guru penjasorkes yang berjumlah 28 guru di Sekolah Dasar Negeri. Uji Validitas instrumen menggunakan rumus Pearson Product Moment dengan hasil butir soal yang valid berjumlah 20 butir dari 23 pernyataan. Uji reliabilitas sebesar 0,760 sehingga instrumen tersebut reliabel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian mengenai keterlaksanaan permainan tradisional dalam pembelajaran penjasorkes di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman tahun ajaran 2016/2017 pada faktor permainan tradisional yang sudah dibakukan telah terlaksana dengan persentase sebesar 84,52%, tidak terlaksana dengan persentase sebesar 15,48% dan faktor permainan tradisional yang belum dibakukan terlaksana dengan persentase sebesar 83,95%, tidak terlaksana dengan persentase sebesar 16,07%. Secara keseluruhan terlaksana dengan persentase rata-rata sebesar 84,22% dan tidak terlaksana dengan rata-rata persentase sebesar 15,78%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterlaksanan, Permainan Tradisional, Pembelajaran Penjasorkes
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 May 2017 05:02
Last Modified: 30 Jan 2019 14:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49318

Actions (login required)

View Item View Item