PENGEMBANGAN GARIS LAPANGAN PORTABEL GOBAK SODOR PADA PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL DI SD NEGERI SENDANGADI 1 MLATI KABUPATEN SLEMAN

Adnan, Riyanto (2017) PENGEMBANGAN GARIS LAPANGAN PORTABEL GOBAK SODOR PADA PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL DI SD NEGERI SENDANGADI 1 MLATI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Penelitian Pengembangan Garis Lapangan Gobak Sodor.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya sarana pembelajaran pendidikan jasmani yang memudahkan guru untuk mengajarkan permaianan tradisional yang lebih efisien dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan garis lapangan portabel gobak sodor sebagai sarana pembelajaran permainan tradisional dalam pendidikan jasmani. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian pengembangan merupakan penelitian yang menghasilkan atau mengembangkan suatu produk. Tahapan penelitian pengembangan model Borg & Gall yang telah diadopsi menjadi tujuh tahapan yaitu : analisis kebutuhan, menyusun perencanaan, mengembangkan produk awal berupa pembuatan produk awal yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli sarana dan prasarana. Selanjutnya produk diuji cobakan kepada peserta didik melalui uji coba kelompok kecil, revisi, ujicoba lapangan dan revisi produk akhir. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sendangadi 1 Mlati Sleman berjumlah 30 siswa. Instrument pengumpulan data menggunakan angket dan lembar evaluasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Data hasil penelitian berupa kualitas produk, saran, dan perbaikan dianalisis secara kualitatif, dan data berupa kuantitatif diolah secara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan validasi yang dilakukan menggunakan garis lapangan portabel gobak sodor sebagai sarana pembelajaran oleh ahli materi termasuk dalam kriteria “sangat baik” dengan rerata 4,67 dan ahli sarana dan prasarana menunjukkan kriteria “sangat baik” dengan rerata 4,43. Sedangkan uji coba lapangan garis lapangan portabel gobak sodor yang diujikan kepada peserta didik menunjukkan kriteria “sangat baik” dengan rerata skor 4,28. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan garis lapangan portabel gobak sodor layak digunakan sebagai sarana pembelajaran permainan tradisional dalam pelajaran pendidikan jasmani di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gobak sodor, sarana pembelajaran, permainan tradisional
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 May 2017 05:02
Last Modified: 30 Jan 2019 14:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49317

Actions (login required)

View Item View Item