LAPORAN INDIVIDU PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMKN 1 PANDAK, BANTUL

Intan Pramandha Watasari, Intan Pramandha Watasari (2016) LAPORAN INDIVIDU PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMKN 1 PANDAK, BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan memberikan pelatihan dan pengalaman belajar yang berhubungan dengan masyarakat khususunya dunia pendidikan/sekolah. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan sangat bersifat aplikatif yang dilaksanakan guna mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di kampus agar dikembangkan oleh mahasiswa di sekolah. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa sebagai calon guru dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik persekolahan. Adapun tujuan dari praktik pengalaman lapangan ini diantaranya untuk mencetak calon-calon tenaga pendidik yang profesional dan bagus dalam bergaul dengan masyarakat sekolah. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan yang dilakukan di SMKN 1 Pandak meliputi kegiatan praktik mengajar dikelas dan praktik persekolahan. Kegiatan praktik mengajar dikelas mulai dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2016. Praktikan mengajar mata pelajaran Dasar Pola Tata Busana kelas X BB 1, dan X BB 2. Kompetensi dasar yang diajarkan adalah membuat pola dasar rok system draping menggunakan kurikulum 2013. Busana Wanita kelas XI BB 2, Kompetensi Dasar yang diajarkan adalah Kompetensi Dasar membuat busana wanita yaitu rok draperi dan rok pias menggunakan kurikulum 2006. Penepatan mahasiswa PPL di SMKN 1 Pandak diharapka mampu memahami peranan tenaga pendidik dan mampu menjalankan kewajiban sebagai tenaga pendidik secara tanggung jawab. Sebelum diterjunkan sebagai tenaga pendidik sementara, para praktikan harus melewati beberapa tahap agar pelaksanaan kegiatn PPL dapat berjalan dengan lancar. Tahap-tahap yang dimaksud yaitu: 1) Pembekalan PPL, 2) Observasi Sekolah dan Kelas, dan 3) Persiapan Mengajar, dan 4) Pengajaran Mikro. Selama melaksanakan pembelajaran tidak ditemui kendala yang berat, semuanya masih bisa dikendalikan. Selain itu mahasiswa juga selalu dipantau dan dibimbing dalam membuat perangkat/administrasi untuk mengajar serta selalu mengadakan evaluasi setelah selesai melakukan pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 29 May 2017 01:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49315

Actions (login required)

View Item View Item