Prasetyawati, Dionisia Dwi (2017) KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK BIOLOGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DITINJAU BERDASARKAN KEFAVORITAN SEKOLAH. S1 thesis, UNY.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf Download (301kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Download (102kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir divergen keterampilan proses sains (KBDKPS) aspek biologi kelas V sekolah dasar di kota yogyakarta ditinjau berdasarkan kefavoritan sekolah dan kaitannya dengan profesi orang tua. Kemampuan berpikir divergen merupakan kemampuan untuk menghasilkan bermacam-macam alternatif jawaban dalam suatu permasalahan. Kemampuan berpikir divergen penting untuk di kembangkan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel penelitian sebanyak 441 siswa kelas V di kota Yogyakarta terdiri dari 12 sekolah yang ada di UPTD Jogja timur dan UPTD Jogja utara dengan menggunakan teknikpurposive sampling dalam mengambil sampel penelitian. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir divergen siswa kelas V sekolah dasar dengan variabel bebas kefavoritan sekolah dan sebagai variabel pengganggu adalah keterkaitan kemampuan berpikir divergen dengan profesi orang tua (guru/dosen atau selain keduanya). Hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif menunjukkan skor rata-rata KBDKPS sebesar (15,29) dari total skor 40 yang tergolong kategori sedang. Rerata skor KBDKPS siswa di sekolah favorit (16,37) lebih tinggi daripada sekolah tidak favorit (14,38). Rerata skor KBDKPS kelompok siswa di sekolah favorit dengan profesi orang tua guru/dosen (18,32) lebih tinggi daripada siswa yang orang tuanya berprofesi sebagai bukan guru/dosen (15,91). Rerata skor KBDKPS kelompok siswa di sekolah tidak favorit dengan profesi orang tua bukan guru/dosen (15,36) lebih tinggi daripada siswa yang orang tuanya berprofesi sebagai guru/dosen (9,02) Secara keseluruhan rerata skor KBDKPS tertinggi diperoleh sekolah favorit dengan siswa yang orangtuanya berprofesi sebagai guru/dosen. Kata kunci : kefavoritan sekolah, kemampuan berpikir divergen, keterampilan proses sains
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Admin Biologi FMIPA |
Date Deposited: | 29 May 2017 05:02 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:13 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49311 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |