ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI PESERTA DIDIK PADA PRAKTIKUM MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI SMA NEGERI 1 GODEAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Ambarwati, Puput Tri (2017) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI PESERTA DIDIK PADA PRAKTIKUM MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI SMA NEGERI 1 GODEAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan representasi peserta didik pada praktikum reaksi satu arah dan reaksi bolak-balik, praktikum pengaruh perubahan konsentrasi terhadap pergeseran arah kesetimbangan, praktikum pengaruh perubahan suhu terhadap pergeseran arah, dan praktikum pengaruh pengenceran terhadap pergeseran arah kesetimbangan, (2) persentase kemampuan representasi pada level makroskopik, simbolik, dan submikroskopik, dan (3) kemampuan representasi pada praktikum dengan metode demonstrasi dan metode eksperimen materi kesetimbangan kimia kelas XI SMA Negeri 1 Godean tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif ex post facto dan rancangan satu sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purpossive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 32 peserta didik. Penilaian kemampuan representasi dilakukan berdasarkan hasil jawaban peserta didik terhadap instrumen kemampuan representasi yang dikerjakan setelah praktikum dilakukan. Instrumen dalam penelitian ini berbentuk soal uraian yang memuat ketiga level representasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan representasi peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Godean Tahun Pelajaran 2016/2017 pada praktikum reaksi satu arah dan reaksi bolak-balik sebesar 57,99%; praktikum pengaruh perubahan konsentrasi terhadap pergeseran arah kesetimbangan sebesar 66,37%; praktikum pengaruh perubahan suhu terhadap pergeseran arah kesetimbangan sebesar 70,57%; dan praktikum pengaruh pengenceran terhadap pergeseran arah kesetimbangan sebesar 73,96%, (2) persentase kemampuan representasi untuk level makroskopik sebesar 83,92%; simbolik sebesar 64,10%; dan submikroskopik sebesar 49,09%; dan (3) persentase kemampuan representasi peserta didik pada praktikum dengan metode demonstrasi sebesar 64,28% dan pada metode eksperimen sebesar 70,16%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 24 May 2017 07:52
Last Modified: 24 May 2017 07:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49303

Actions (login required)

View Item View Item