PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CHEMATORY BERBASIS ANDROID PADA MATERI KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DI LABORATORIUM KIMIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MA

Arsal, Muhammad Gifari (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CHEMATORY BERBASIS ANDROID PADA MATERI KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DI LABORATORIUM KIMIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui tahap-tahap pengembangan dan kualitas media pembelajaran Chematory berbasis android berisi materi kesehatan dan keselamatan kerja (K3) di laboratorium kimia yang digunakan sebagai sumber belajar mandiri untuk peserta didik kelas X SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi model ADDIE. Tahap implementasi tidak dilakukan, sehingga terdapat empat tahap pengembangan, yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Produk awal Chematory ditinjau oleh ahli media, ahli materi dan peer reviewer untuk memperoleh saran dan/atau koreksi sebagai pertimbangan untuk melakukan revisi I. Produk hasil revisi I kemudian ditinjau kembali oleh 5 orang reviewer dan 20 orang peserta didik dalam satu sekolah untuk uji terbatas. Hasil penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran Chematory berbentuk aplikasi android dengan materi kesehatan dan keselamatan kerja (K3) di laboratorium kimia. Kualitas media pembelajaran Chematory ditentukan berdasarkan penilaian 5 orang reviewer dan uji terbatas pada 20 orang peserta didik. Berdasarkan hasil penilaian reviewer, diperoleh skor rata-rata sebesar 116,6 dengan persentase keidealan 89,69%, sedangkan hasil uji terbatas pada peserta didik diperoleh skor rata-rata 68,5 dengan persentase keidealan 91,33%, sehingga kualitas media pembelajaran ini termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, maka media pembelajaran Chematory layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri untuk peserta didik kelas X SMA/MA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 24 May 2017 07:38
Last Modified: 24 May 2017 07:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49302

Actions (login required)

View Item View Item