PENGARUH PENERAPAN MEDIA ADA APA DENGAN CHEMISTRY (AADC) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI SEMESTER 1 DI SMA NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Ifthinan, Dinda Nadia Mutiara (2017) PENGARUH PENERAPAN MEDIA ADA APA DENGAN CHEMISTRY (AADC) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI SEMESTER 1 DI SMA NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I skripsi%20dinda.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar peserta didik kelas eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan Ada Apa dengan Chemistry (AADC), (2) ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar peserta didik yang menggunakan Ada Apa dengan Chemistry (AADC) dengan peserta didik yang tidak menggunakan media tersebut, (3) ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan Ada Apa dengan Chemistry (AADC) dengan peserta didik yang tidak menggunakan Ada Apa dengan Chemistry (AADC), apabila pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental posttest only design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sleman tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 64 peserta didik. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setiap kelas terdiri dari 32 peserta didik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji paired samples t-test, uji independent samples t-test dan uji anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) ada perbedaan motivasi belajar kimia yang signifikan pada peserta didik kelas eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan Ada Apa dengan Chemistry (AADC). (2) Tidak ada perbedaan motivasi belajar kimia yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan Ada Apa dengan Chemistry (AADC) dengan peserta didik yang tidak menggunakan media tersebut. (3) Ada perbedaan prestasi belajar kimia yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan Ada Apa dengan Chemistry (AADC) dengan peserta didik yang tidak menggunakan media tersebut, apabila pengetahuan awal dikendalikan secara statistik. Pembelajaran dengan menggunakan Ada Apa dengan Chemistry (AADC) memberikan sumbangan efektif sebesar 18,90%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 24 May 2017 06:59
Last Modified: 30 Jan 2019 14:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49301

Actions (login required)

View Item View Item