FAKTOR PENDUKUNG PEMBELAJARAN PERMAINAN SOFTBALL DI SMA NEGERI SE-PROVINSI D.I. YOGYAKARTA

Indra Wahyu, Setyawan (2017) FAKTOR PENDUKUNG PEMBELAJARAN PERMAINAN SOFTBALL DI SMA NEGERI SE-PROVINSI D.I. YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
INDRA WAHYU SETYAWAN 11601244161 PJKR.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Materi permainan softball merupakan salah satu materi yang tercantum dalam kurikulum.Sekolah yang sudah memberikan materi permainan softball kepada peserta didiknya, tetapimasih masih terdapat beberapa kendala seperti tentang pengetahuan guru, ketersediaan sarana prasarana, penerapan kurikulum, dan dukungan dari lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar faktor pendukung pembelajaran permainan softball di SMA Negeri se-Provinsi D.I.Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA Negeriyangtelah memberikan pembelajaran permainan softball se-Provinsi D.I.Yogyakarta. Sampel yang digunakan adalah 19SMA Negeriyang berasal dari 5 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi D.I.Yogyakarta dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Perhitungan validitas menggunakan rumus Pearson Product Moment dan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif secara kuantitatif dengan persentase tentang faktor pendukung pembelajaran permainan softball di SMA Negeri se-Provinsi D.I.Yogyakarta yang dibagi dalam lima kategori yaitu sangat mendukung, mendukung, cukup mendukung, kurang mendukung dan tidak mendukung. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: faktor pendukung pembelajaran permainan softball di SMA Negeri se-Provinsi D.I.Yogyakarta secara keseluruhan berada dalam kategori sangatmendukungberjumlah6 (31,58%) sekolah, pada kategori mendukung berjumlah 7 (36,84%) sekolah, pada kategori cukup mendukung berjumlah 5 (26%) sekolah, pada kategori kurang mendukung berjumlah 1 (5%) sekolah, dan pada kategori tidak mendukung tidak ada (0,00%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: faktor pendukung, pembelajaran, softball
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 May 2017 04:56
Last Modified: 30 Jan 2019 14:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49300

Actions (login required)

View Item View Item