LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 PANDAK

DELIYA MINIANUR, DELIYA MINIANUR (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 PANDAK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan ke dalam lingkungan pendidikan, baik formal maupun non formal. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mendapat bakal mengajar secara operasional di sekolah, sehinga tidak hanya teoritis saja. Kegiatan PPL dilaksanakan di sekolah mulai tanggal 18 Juli 2016 sampai 9 September 2016 di SMK Negeri 1 Pandak akan lebih menguntungkan semua pihak baik bagi sekolah, perguruan tinggi, dan mahasiswa. Kegiatan atau program PPL yang dilaksanakan antara lain : melaksanakan pembelajaran langsung di kelas, pembuatan perangkat pembelajaran, menyediakan media pembelajaran, dan melaksanakan piket di BK, Tata usaha, Lobby, dan Perpustakaan. Dalam kegiatan PPL di SMK Negeri 1 Pandak, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar mata pelajaran Biologi di kelas X Agribisnis Produksi Ternak-2 sebanyak 4 kali pertemuan dan kelas XII Teknik Pengelolaan Hasil Pangan-1 sebanyak 4 kali pertemuan. Mahasiswa melakukan praktik mengajar di kelas setiap hari Selasa jam ke 1-2 (7:15-8:45 WIB) dan Jumat jam ke 3-4 (8:45-10:15 WIB). Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, pengetahuan penerapan kurikulum KTSP dan K13, proses pembelajaran, pengolahan hasil belajar, pengelolaan kelas, administrasi sekolah, dan pengalaman lainnya. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 24 May 2017 01:53
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49277

Actions (login required)

View Item View Item