Pengembangan Model Latihan Multilateral Berbasis Permainan Futsal Untuk Meningkatkan Pengayaan Gerak Siswa Sekolah Dasar

Nugroho, Andri (2017) Pengembangan Model Latihan Multilateral Berbasis Permainan Futsal Untuk Meningkatkan Pengayaan Gerak Siswa Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-andri-nugroho-14711251079.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model latihan multilateral berbasis permainan futsal untuk meningkatkan pengayaan gerak siswa sekolah dasar. Model latihan disesuaikan dengan tahap pertumbuhan dan perkembangan serta karakteristik siswa sekolah dasar. Model latihan dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan multilateral dan sekaligus dapat mengembangkan keterampilan dasar bermain futsal siswa sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Gall, Gall, & Borg (2003: 775). Desain pengembangan tersebut dikelompokkan atas 10 prosedur pengembangan, yang meliputi: (1) penggalian potensi atau masalah, (2) melakukan studi literatur dan pengumpulan informasi, (3) membuat rancangan produk, (4) validasi desain & revisi desain, (5) pembuatan produk, (6) uji coba lapangan terbatas & revisi produk, (7) uji coba lapangan utama & revisi produk, (8) uji coba lapangan operasional & revisi produk, (9) produk akhir, (10) diseminasi. Subjek uji coba lapangan terbatas adalah 8 siswa SD Muhammadiyah Wirobrajan 3. Subjek uji coba lapangan utama adalah 10 siswa SD Muhammadiyah Sagan. Subjek uji coba lapangan operasional adalah 10 siswa SD Masjid Syuhada dan 10 siswa SD Negeri Lempuyangan 1. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi data, kuesioner, dan tes multilateral. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan 12 model latihan, yaitu (1) Kembali ke Pos Secepatnya (pemanasan tanpa bola), (2) Bola Pos (pemanasan dengan bola), (3) Estafet Memindah Bola, (4) Menggiring, Mengoper dan Menghentikan Bola 1 & 2, (5) Bola jaminan Bebas, (6) Bola Cepat, (7) Umpan Lempar Bola 1 & 2, (8) Umpan Segi Tiga, (9) Melewati Zona, (10) Latihan Terampil Menggiring Bola, (11) Simulasi Futsal, (12) Cetak Gol (pendinginan). Hasil penilaian produk yang diberikan oleh ahli pembinaan multilateral, praktisi futsal, dan empat pelatih secara keseluruhan selama melakukan uji coba (internal dan eksternal), rata-rata 83,6%. Kesimpulannya produk masuk dalam klasifikasi penilaian dengan kategori “Baik”. Hasil tes kemampuan multilateral menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan kemampuan multilateral sebesar rata-rata 10,85 %, dan peningkatan kemampuan multilateral pada kelompok kontrol sebesar 5,27 %. Data tersebut menunjukkan peningkatan kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: futsal
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 23 May 2017 10:29
Last Modified: 11 Jan 2022 06:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49276

Actions (login required)

View Item View Item