Pelaksanaan Total Quality Management di SMK se – Kabupaten Kulon Progo

Rahayuningsih, Retna Sundari (2017) Pelaksanaan Total Quality Management di SMK se – Kabupaten Kulon Progo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-retna-sundari-rahayuningsih-11703254007.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: (1) pelaksanaan fokus guru pada peserta didik dan tingkat kepuasan peserta didik; (2) pelaksanaan keterlibatan seluruh warga sekolah; (3) pelaksanaan pengukuran pelayanan guru; (4) pelaksanaan komitmen seluruh warga sekolah; dan (5) pelaksanaan perbaikan pelayanan guru. Penelitian evaluatif ini menggunakan desain deskriptif-kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah descrepancy evaluation model. Tempat penelitian ini adalah SMK N 2 Pengasih Kulon Progo, SMK N 1 Nanggulan Kulon Progo, SMK Ma’arif 1 Wates Kulon Progo, dan SMK Muhammadiyah 1 Temon Kulon Progo. Subjek penelitian ini adalah peserta didik, guru, dan kepala sekolah di empat sekolah tersebut. Objek penelitian ini adalah: (1) pelaksanaan fokus guru pada peserta didik, (2) pelaksanaan keterlibatan seluruh warga sekolah, (3) pelaksanaan pengukuran pelayanan guru,(4) pelaksanaan komitmen seluruh warga sekolah, dan (5) pelaksanaan perbaikan pelayanan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, analisis dokumen, dan penyebaran angket. Instrumen pengumpulan data menggunakan rubrik observasi, lembar analisis dokumen dan kuesioner. Tingkat pelaksanaan dinyatakan dalam bentuk persentase yang menunjukkan perbandingan antara rerata skor yang diperoleh dengan skor maksimum yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata secara keseluruhan dari ke empat SMK tersebut adalah : (1) tingkat fokus guru pada siswa adalah 81,13% (sangat baik), dan tingkat kepuasan siswa adalah 77,69% (siswa merasa puas); (2) tingkat keterlibatan seluruh warga sekolah adalah 80,28% (baik); (3) tingkat pengukuran pelayanan guru adalah 77,50% (baik); (4) tingkat komitmen seluruh warga sekolah adalah 79,77% (baik); dan (5) tingkat perbaikan pelayanan guru adalah 77,50% (baik).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen dan organisasi sekolah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 23 May 2017 10:02
Last Modified: 29 Jan 2019 12:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49275

Actions (login required)

View Item View Item