EFEKTIVITAS MODEL INQUIRY BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK KELAS X DI SMK N 2 KLATEN

Anggun, Kusuma Astuti (2017) EFEKTIVITAS MODEL INQUIRY BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK KELAS X DI SMK N 2 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
skripsi anggun full.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kompetensi siswa ranah kognitif dan afektif yang mengikuti pembelajaran model inquiry based learning menggunakan media pembelajaran berbasis android dengan model teacher centered learning pada kompetensi dasar elemen pasif dalam rangkaian arus searah mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik; (2) efektivitas penerapan model inquiry based learning menggunakan media pembelajaran berbasis android pada kompetensi dasar elemen pasif dalam rangkaian listrik arus searah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL A dan X TITL B program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK N 2 Klaten. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dengan angka kasar dari 30 soal dinyatakan 16 soal valid. Reliablitas diuji dengan alpha cornbranch dengan hasil 0.714 pada ranah kogmitif dan 0.813 pada ranah afektif. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, analisis non parametrik berupa uji Mann-Whitney dan uji wilcoxon. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kompetensi siswa yang mengikuti pembelajaran model inquiry based learning menggunakan media pembelajaram berbasis android dengan model teacher centered learning dengan nilai

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT UNY
Date Deposited: 29 May 2017 04:23
Last Modified: 29 May 2017 04:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49271

Actions (login required)

View Item View Item