PELAKSANAAN PEMBELAJARAN LUAR SEKOLAH DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN SOSIAL DI KEBUN RAYA KEBUN BINATANG (KRKB) GEMBIRA LOKA YOGYAKARTA

Hikmah Kurrota ‘Ainin, Hikmah (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN LUAR SEKOLAH DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN SOSIAL DI KEBUN RAYA KEBUN BINATANG (KRKB) GEMBIRA LOKA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Hikmah Kurrota 'Ainin_13102241002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Pelaksanaan pembelajaran luar sekolah dalam menanamkan nilai karakter peduli ligkungan dan sosial di KRKB Gembira Loka, 2) Faktor pendukung serta faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran luar sekolah dalam menanamkan nilai karakter peduli ligkungan dan sosial di KRKB Gembira Loka Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yaitu bagian marketing, pemandu program, dan guru pendamping. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif metode interaktif yang meliputi: pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran luar sekolah dalam menanamkan nilai karakter peduli ligkungan dan sosial di KRKB Gembira Loka, yaitu berupa: kegiatan pembelajaran luar sekolah yang dimulai dari Penyambutan, bina suasana, tour de zoo, feeding time, hingga recalling. Upaya penanaman nilai karakter peduli lingkungan melalui kegiatan pembiasaan membuang sampah pada tempatnya, penanaman bibit, dan tentang pembelajaran flora dan fauna. Nilai karakter peduli sosialnya berupa pembiasaan bertindak santun, mampu bekerja sama, dan pembiasaan untuk menyayangi manusia dan makhluk hidup lain (flora dan fauna). 2) Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran luar sekolah dalam menanamkan nilai karakter peduli lingkungan dan sosial adalah pengalaman yang dimiliki oleh pemandu dan pengelola, dan usia peserta pembelajaran luar sekolah yang sebagian besar adalah usia emas, selain itu juga media pendukung seperti poster hingga bentuk pojok kreatif yang diberikan. Faktor penghambat pelaksanaan pelaksanaan pembelajaran luar sekolah dalam menamkan nilai karakter peduli lingkungan dan sosial dikarenakan pendidikan karakter belum terdapat kurikulum yang dirancang secara tertulis, belum terdapatnya indikator yang jalas dan tertulis, serta kemampuan pemandu dalam mengkondisikan dan menympaikan materi kepada peserta pembelajaran luar sekolah. Kata Kunci: Pembelajaran Luar Sekolah, Penanaman Nilai Karakter Peduli Lingkungan dan Sosial, Ekowisata

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 23 May 2017 07:29
Last Modified: 30 Jan 2019 14:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49268

Actions (login required)

View Item View Item