SURVEY PENGETAHUAN LABORATORIUM KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMAN 1 PRAMBANAN KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016

Mardona, - (2017) SURVEY PENGETAHUAN LABORATORIUM KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMAN 1 PRAMBANAN KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I Skripsi Mardona.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketercapaian dari persen kemampuan maksimal 100% untuk aspek pengetahuan laboratorium kimia peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Prambanan klaten tahun ajaran 2015/201 6 mengenai pengetahuan tentang Nama dan fungsi alat laboratorium kimia, pengetahuan tentang Bahan kimia di laboratorium kimia, pengetahuan tentang Keselamatan kerja di laboratorium kimia, pengetahuan tentang Simbol-simbol bahaya bahan kimia di laboratorium kimia dan pengetahuan tentang Teknik dasar laboratorium kimia. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Prambanan klaten Tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari dua kelas sebanyak 56 Peserta didik. Teknik pengambilan data dengan metode kuesioner, setiap peserta didik diberi satu kuesioner yang terdiri dari 35 butir soal pertanyaan pengetahuan dasar laboratorium kimia. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan metode rata-rata persentase. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat pengetahuan laboratorium kimia peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Prambanan klaten Tahun ajaran 2015/2016 untuk masing-masing variabel adalah: (1).Pengetahuan tentang Nama dan fungsi alat laboratorium kimia sebesar 48,214% dengan kriteria kurang. (2).Pengetahuan tentang Bahan kimia di laboratorium kimia sebesar 60,268% dengan kriteria cukup. (3).Pengetahuan tentang Keselamatan kerja di laboratorium kimia sebesar 58,929% dengan kriteria cukup. (4).Pengetahuan tentang Simbolsimbol bahaya bahan kimia sebesar 75,255% dengan kriteria baik. (5).Pengetahuan tentang Teknik dasar laboratorium kimia sebesar 50,744% dengan kriteria kurang. Berdasarkan hasil penelitian ini sebaiknya peserta didik meningkatkan pengetahuannya melalui usaha-usaha mandiri atau pihak Sekolah mengadakan pelatihan dan pengenalan dasar tentang pengetahuan laboratorium kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 23 May 2017 06:52
Last Modified: 30 Jan 2019 14:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49265

Actions (login required)

View Item View Item