PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN KARTU UNO TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA

Hidayati, Miftahul and Dwisiwi, Rahayu (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN KARTU UNO TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
8 SKRIPSI_MIFTAHUL HIDAYATI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dengan permainan kartu uno terhadap motivasi belajar peserta didik, (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan kartu uno terhadap penguasaan materi peserta didik, (3) mengetahui kategori peningkatan motivasi belajar peserta didik pada model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan kartu uno dan kuis, dan (4) mengetahui tinggi peningkatan penguasaan materi peserta didik pada model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan kartu uno dan kuis. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Ngemplak pada materi pokok hukum newton dan penerapnnya. Penelitian dilaksanakan di dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan kartu uno di kelas X MIPA 2, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan kuis undian di kelas X MIPA 1. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan test dan angket yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji Mann-Whitney dan uji t pada program SPSS 16.0. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan kartu uno memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan materi peserta didik, tetapi tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar dalam kategori rendah dan peningkatan penguasaan materi sebesar 0.53 termasuk dalam kategori sedang pada model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan kartu uno. Hasil penelitian dengan model pembelajaran koopeartif tipe TGT dengan kuis terjadi peningkatan motivasi belajar kategori rendah dan peningkatan penguasaan materi sebesar 0.3 termasuk dalam kategori rendah. Kata kunci : Pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT), permainan kartu uno, motivasi belajar, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 23 May 2017 06:07
Last Modified: 30 Jan 2019 14:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49262

Actions (login required)

View Item View Item