PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAN PENCAPAIAN KKM PESERTA DIDIK SMP

Wardhani, Citra Hanum (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAN PENCAPAIAN KKM PESERTA DIDIK SMP. S1 thesis, FMIPA UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran IPA berbasis problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah peserta didik SMP; (2) pengaruh model pembelajaran IPA berbasis problem based learning terhadap pencapaian KKM peserta didik SMP. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dengan desain penelitian pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP N 1 Sedayu yang berjumlah 215 peserta didik. Sampel penelitian adalah kelas VII F yang berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan ilmiah dan model pembelajaran IPA berbasis problem based learning dan kelas VII G yang berjumlah 31 peserta didik sebagai kelas kontrol dengan menggunakan scientific approach. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu yaitu cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest, soal postest, dan lembar observasi. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan independent sample ttest dan effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran IPA berbasis problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah peserta didik dengan taraf signifikan 0,000 dan diperoleh nilai pengaruh sebesar 0,8 yang termasuk dalam kategori tinggi ; (2) ada pengaruh model pembelajaran IPA berbasis problem based learning terhadap pencapaian KKM peserta didik dengan taraf signifikan 0,000 dan diperoleh nilai pengaruh sebesar 0,6 yang termasuk dalam kategori sedang. Kata kunci : problem based learning, kemampuan memecahkan masalah, pencapaian KKM. The purpose of this research is to determine of: (1) problem based learning’s influence towards problem-solving skills of students VII grade in SMP,and (2) problem based learning’s influence toward KKM achievement of students VII grade in SMP. This research is quasy experiment with pretest-posttest nonequivalent control group design. The population in this research is 215 student of VII grade in SMP N 1 Sedayu. The sample in this research is the VII F grade that used were 30 students as experiment class with scientific problem based learning model and VII G class were 31 students as an control class with scientific approach. The sample in this research were taken by using the data collection method called cluster random sampling. The instrument who used are pretest post, postest, and observation. The prerequisite test used normality test and homogenity test. Hypothesis test in this research used independent sample t-test and effect size. The results showed that (1) there is an influence of problem based learning toward problem-solving skills of students VII grade in SMP Negeri 1 Sedayu of 0,000 significant degree and get value effect 0,8 who counted high category. (2) there is an influence of problem based learning toward KKM achievement of students VII grade in SMP Negeri 1 Sedayu of 0,000 significant degree and get value effect 0,6 who counted high category.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: problem based learning, problem solving skills, KKM achievement
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 13 Oct 2017 01:30
Last Modified: 30 Jan 2019 14:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49261

Actions (login required)

View Item View Item