Mufidah, Siti and Wijaya, Aryadi (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMP KELAS VII. S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB II.pdf Download (682kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (473kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Bab IV.PDF Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
BAB V.PDF Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka.PDF Download (106kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (21MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika realistik berupa RPP dan LKS pada materi aritmatika sosial untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP kelas VII. Selain itu, penelitian ini mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE, yang meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar penilaian perangkat pembelajaran untuk mengukur kevalidan, angket respon guru dan angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan, dan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi untuk mengukur keefektifan perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran dikatakan valid dan praktis jika minimal memenuhi kriteria baik, sedangkan dikatakan efektif jika persentase ketuntasan siswa yang mencapai KKM lebih dari 75% dan nilai rata-rata tes siswa lebih dari atau sama denganKKM yang ditetapkan yaitu 70. Perangkat pembelajaran diimplementasikan di SMP Negeri 1 Galur dengan objek penelitian siswa kelas VII A. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berupa empat RPP dan satu LKS. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 4,38 untuk RPP dan 4,34 untuk LKS dari skor maksimal 5,00. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktisdengan skor rata-rata 3,70 untuk angket respon guru dan 3,48 untuk angket respon siswa dari skor maksimal 4,00. Berdasarkan analisis hasil tes kemampuan berpikir tingkat tinggi, perangkat memenuhi kriteria efektif ditunjukkan dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 81,82% dan nilai signifikansi sebesar 0,037 (kurang dari nilai
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 23 May 2017 01:19 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:11 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49260 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |