PENGEMBANGAN INSTRUMEN NON TES BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK PEMETAAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA PADA KOMPETENSI SOSIAL

Kusumaningrum, Mutiara and Suparwoto, Suparwoto (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMEN NON TES BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK PEMETAAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA PADA KOMPETENSI SOSIAL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (34MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen non tes berbasis scientific approach untuk pemetaan hasil belajar fisika siswa SMA pada kompetensi sosial. Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya instrumen yang valid dan reliabel dalam memetakan hasil belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan 4-D models. Objek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, dan XI IPA 4. Instrumen yang dihasilkan pada penelitian ini adalah lembar pengamatan, angket penilaian diri, dan teman sebaya. Sedangkan media pembelajaran sebagai pendukung dalam penelitian berupa RPP, bahan ajar materi momentum dan impuls kelas XI IPA, dan LKS. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa instrumen non tes untuk penilaian kompetensi sosial beserta media pembelajaran yang mendukung dalam penelitian layak digunakan berdasarkan validitas dengan rumus Aiken, diperoleh angka pada rentang 0,893-1 dan dikatakan valid punuk semua item. Berdasarkan koefisien Cohen Kappa yang digunakan untuk menghitung reliabilitas antar dua rater, diperoleh nilai k=0,650 dan kesalahan standar 0,166 untuk lembar pengamatan, sedangkan untuk lembar penilaian diri dan teman sebaya peroleh k=0,577 dengan kesalahan standar 0,153 , hasil tersebut masuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, penilaian kompetensi sosial mampu meningkatkan kecerdasan sosial siswa dan instrumen non tes yang dikembangkan mempermudah guru dalam melakukan penilaian kompetensi sosial. Kata kunci : scientific approach, pemetan hasil belajar, kompetensi sosial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 23 May 2017 01:19
Last Modified: 30 Jan 2019 14:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49257

Actions (login required)

View Item View Item