PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KARTU PINTAR FISIKA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PIYUNGAN

Ulffah, Ayu Rizqiana and Wiyatmo, Yusman (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KARTU PINTAR FISIKA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PIYUNGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI & LAMPIRAN.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran berbasis kartu pintar fisika yang layak digunakan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika siswa kelas X SMA N 1 Piyungan dalam materi suhu dan kalor, (2) mengetahui peningkatan minat belajar fisika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan media pembelajaran berbasis kartu pintar fisika, dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar fisika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan media pembelajaran berbasis kartu pintar fisika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D menurut Thiagarajan dan Semmel yang memiliki 4 tahap yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Produk penelitian hasil pengembangan berupa media pembelajaran berbasis kartu pintar fisika pada materi suhu dan kalor. Uji coba produk meliputi uji coba terbatas pada siswa kelas XD SMA Negeri 1 Piyungan dan uji coba lapangan pada siswa kelas XG SMA Negeri 1 Piyungan. Kelayakan media pembelajaran berbasis kartu pintar fisika dilihat dari rata-rata skor penilaian validator dan respon siswa yang diubah menjadi kategori kualitatif. Peningkatan minat belajar siswa diketahui berdasarkan lembar angket minat sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis kartu pintar fisika, serta peningkatan hasil belajar fisika siswa diketahui berdasarkan hasil pretest dan posttest siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk media pembelajaran berbasis kartu pintar fisika yang dikembangkan layak digunakan oleh siswa kelas X SMA N 1 Piyungan berdasarkan penilaian dosen ahli dan guru fisika kelas X dengan hasil rata-rata penilaian sebesar 3,74 (sangat baik), serta hasil respon siswa dengan nilai 3,58 (sangat baik) pada uji coba terbatas dan 3,65 (sangat baik) pada uji coba lapangan, (2) media pembelajaran berbasis kartu pintar fisika mampu meningkatkan minat belajar fisika siswa pada uji coba terbatas dengan nilai gain 0,35 (sedang) dan pada uji coba lapangan dengan nilai gain 0,40 (sedang), dan (3) media pembelajaran berbasis kartu pintar fisika mampu meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif pada uji coba terbatas dengan nilai gain 0,6 (sedang) dan pada uji coba lapangan dengan nilai gain 0,71 (tinggi). Kata kunci: media pembelajaran berbasis kartu pintar fisika, suhu dan kalor, minat belajar, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 22 May 2017 07:53
Last Modified: 30 Jan 2019 14:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49254

Actions (login required)

View Item View Item