Pengembangan Pembelajaran Peta Berbasis Multimedia untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta

Wibowo, Satriyo (2016) Pengembangan Pembelajaran Peta Berbasis Multimedia untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-satriyo-wibowo-05705251005.swf

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran peta berbasis multimedia yang layak dan efektif untuk mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Tahapan penelitian ini terdiri atas (1) analisis kebutuhan, (2) perencanaan pembelajaran, (3) pembuatan produk/media, dan (4) evaluasi produk. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta. Proses validasi dilakukan oleh satu orang ahli media dan satu orang ahli materi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester III. Subjek uji terdiri dari: tiga mahasiswa uji coba satu-satu, lima mahasiswa uji coba kelompok kecil, dan 20 mahasiswa uji coba kelompok besar. Data penelitian dihasilkan dari validasi kedua ahli dan kuesioner untuk mahasiswa. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ditinjau dari aspek tampilan dan pemrograman, produk ini dinilai ”Baik” oleh ahli media, (2) ditinjau dari aspek pembelajaran dan aspek materi, produk ini dinilai ”Baik” oleh ahli materi, (3) ditinjau dari aspek kemudahan produk untuk dioperasikan, kemudahan produk untuk dipelajari isinya, kemenarikan tampilan dan program, produk ini dinilai “Baik” oleh mahasiswa. Hasil penilaian ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran Peta untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta layak digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multi media, pengetahuan peta
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 May 2017 01:55
Last Modified: 09 May 2019 08:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49247

Actions (login required)

View Item View Item