Pengembangan Perangkat Pembelajaran Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabelbagi Siswa yang Mengalami Hambatan Belajar Matematika

Basori, Lisaiha Rodiyya (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabelbagi Siswa yang Mengalami Hambatan Belajar Matematika. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lisaiha-roddiyya-basori-14709251071.swf

Download (21MB)
[img] Text
produk-lisaiha-roddiyya-basori-14709251071.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran matematika kelas X bagi siswa yang mengalami hambatan belajar dalam pembelajaran matematika, dan (2) mendefinisikan kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan aspek: kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan, Semmel, D.S. dan Semmel, M.I.dengan tahapan meliputi: (1) tahap pendefinisian, yangbertujuan untuk menetapkan dan mendefinisikan syarat-syarat pembelajaran; (2) tahap perancangan draft perangkat pembelajaran; dan (3) tahap pengembangan, yang bertujuan untuk menghasilkan draft II perangkat pembelajaran yang telah direvisi. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan oleh satu orang guru dan 32 orang siswa dimana 17 orang siswa terindikasi mengalami hambatan belajar dalam pembelajaran matematika, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan instrumen asesmen pra pembelajaran yang berupa tes dan angket. Subjek uji coba adalah guru dan siswa kelas X MIPA 1 SMAN 1 Turi. Penelitian inimenghasilkan perangkat pembelajaran matematika kelas X bagi siswa yang mengalami hambatan belajar dalam pembelajaran matematika.Perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebutmemiliki karakteristik: (1) pada tiap akhir kegiatan pembelajaran guru melakukan evaluasi, setelah adanya evaluasi tersebut siswa yang belum menguasai materi pelajaran diberikan remedial dari penilaian sumatif, (2) menggunakan soal-soal yang memiliki tingkat kesulitan yang berjenjang, (3) menggunakan instrumen evaluasi berupa tes akhir yang disesuaikan dengan kemampuan siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, yang ditunjukkan olehklasifikasi secara kualitatif adalah “sangat baik”untuk dosen ahli 1 serta “cukup” untukdosen ahli 2. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis, yang ditunjukkan oleh hasil penilaian kepraktisan oleh guru berada pada kategori “sangat baik” untuk RPP dan “baik” untuk LKS, hasil penilaian kepraktisan oleh siswa yaitu berada pada kategori “baik”, dan rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran kegiatan guru dan siswa di atas 90%. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif ditinjau dari hasil tes akhir siswa dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 70,58%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, belajar, hambatan belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 22 May 2017 01:38
Last Modified: 22 May 2017 01:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49243

Actions (login required)

View Item View Item