ANALISIS RAGAM KESULITAN BELAJAR SISTEM KOORDINASI PADA SISWA SMA KELAS XI DI BANTUL TAHUN 2015/2016 (Studi Kasus di SMA N 2 Bantul)

Ismawati, Fatma (2016) ANALISIS RAGAM KESULITAN BELAJAR SISTEM KOORDINASI PADA SISWA SMA KELAS XI DI BANTUL TAHUN 2015/2016 (Studi Kasus di SMA N 2 Bantul). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
FATMA ISMAWATI.pdf

Download (873kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui letak (ragam) kesulitan apa saja yang dialami peserta didik SMA Negeri 2 Bantul kelas XI tahun 2015/2016 dalam mempelajari materi sistem koordinasi; (2) mengetahui faktorfaktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan belajar biologi peserta didik SMA Negeri 2 Bantul kelas XI tahun ajaran 2015/2016 dalam mempelajari materi sistem koordinasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk mengetahui ragam dan faktor kesulitan belajar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 2 Bantul yang telah menempuh materi system koordinasi dengan nilai ulangan harian pada materi tersebut kurang dari KKM, sebanyak 121 peserta didik, dan sampel sebanyak populasi yang ada yaitu 121 peserta didik. Instrument berupa soal ulangan harian sistem koordinasi dan angket. Analisis dilakukan dengan analisis item soal berdasarkan Taksonomi Bloom untuk mengetahui letak kesulitan belajar dan ragam materi yang siswa mengalami kesulitan dan analisis deskriptif untuk mengetahui factor kesulitan belajar berdasarkan hasil angket. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesulitan belajar terletak pada kategori C1 dalam taksonomi Bloom pada sub materi system saraf. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar adalah factor internal dari peserta didik pada aspek kesiapan belajar (63%) dan kebiasaan belajar (67%). Faktor eksternal peserta didik yaitu faktor sarana dan prasarana aspek media belajar pada variasi media belajar (51,2%) dan suasana kelas pada keadaan kelas kondusif untuk belajar (51,2%) faktor orang tua pada aspek perhatian (52,9%) dan aspek peranan dalam kesepakatan jam belajar secara konsisten (53%). Kata Kunci: kesulitan belajar, SMA Negeri 2 Bantul, system koordinasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 22 May 2017 07:53
Last Modified: 30 Jan 2019 14:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49240

Actions (login required)

View Item View Item