Aktivitas Ritmik Berbasis Gerak Tari Daerah untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran Pendidikan Jasmani bagi Siswa Sekolah Menengah Atas

Dismas, Marsianus (2017) Aktivitas Ritmik Berbasis Gerak Tari Daerah untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran Pendidikan Jasmani bagi Siswa Sekolah Menengah Atas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-marsianus-dismas-13711251009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model aktivitas ritmik berbasis gerak tari daerah sebagai sarana mencapai tujuan pembelajaran pendidikan jasmani dalam mengembangkan aspek afektif, kognitif, dan psikomotor sehingga dapat dipergunakan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi langkah-langkah penelitian pengembangan Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi delapan langkah pelaksanaan penelitian, langkah-langkah tersebut antara lain: (1) pengumpulan informasi lapangan, (2) analisis informasi yang telah dikumpulkan, (3) pengembangan produk awal, (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, (6) uji coba lapangan skala besar dan revisi (7), pembuatan produk final, (8) uji efektivitas produk. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap delapan siswa kelas X SMAN 2 Nganglik. Uji coba skala besar dilakukan terhadap 32 siswa kelas X SMAN 2 Ngaglik dan 30 siswa kelas XI di SMAN 6 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman pengamatan, pedoman wawancara, catatan lapangan, skala nilai, lembar penilaian uji efektivitas dan lembar penilaian hasil belajar. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian berupa aktivitas ritmik berbasis gerak tari daerah yang terdiri dari gerak tari daerah Kalimantan, Sumatera, Jawa, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bali, Sulawesi dan Papua yang telah dikreasikan dan disesuaikan dengan karakterisitik siswa SMA. Model aktivitas ritmik disusun dalam bentuk buku pedoman dan CD video pembelajaran. Berdasarkan hasil penilaian para ahli materi dan praktisi, dapat ditarik kesimpulan bahwa model aktivitas ritmik sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran pendidikan jasmani bagi siswa SMA yang didesain berkategori baik dan efektif, sehingga model aktivitas ritmik layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: olahraga
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 19 May 2017 07:32
Last Modified: 11 Jan 2022 02:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49237

Actions (login required)

View Item View Item