Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) untuk Mencapai Kemampuan Peserta Didik SMA dalam Planning & Carrying Out Investigation dan Constructing Explanation & Designing Solution pada Materi Hukum Newton tentang Gerak

Santoso, Purwoko Haryadi (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) untuk Mencapai Kemampuan Peserta Didik SMA dalam Planning & Carrying Out Investigation dan Constructing Explanation & Designing Solution pada Materi Hukum Newton tentang Gerak. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-purwoko-haryadi-santoso-15726251014.swf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kelayakan perangkat pembelajaran PjBL berorientasi NGSS untuk mencapai kemampuan peserta didik dalam planning & carrying out investigation dan constructing explanation & designing solution pada materi Hukum Newton tentang Gerak, dan (2) efektivitas perangkat pembelajaran PjBL berorientasi NGSS ditinjau dari ketercapaian kemampuan peserta didik dalam planning and carrying out investigation dan constructing explanation and designing solution pada materi Hukum Newton tentang Gerak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIED (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluation, Disseminate) yang merupakan modifikasi dari model 4D dan ADDIE. Subjek uji coba tahap pilot adalah 33 peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Tempel jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Subjek uji coba tahap implement adalah 32 peserta didik kelas X-IPA 1 (kelas eksperimen) dan 26 peserta didik kelas X-IPA 4 (kelas kontrol) SMA Negeri 6 Yogyakarta. Data kelayakan perangkat pembelajaran diperoleh melalui penilaian oleh dosen dan guru yang dihimpun dengan menggunakan angket penilaian kelayakan. Kemudian , data efektivitas perangkat pembelajaran diperoleh melalui hasil posttest yang terdiri dari 20 butir soal pilihan ganda dan 10 butir soal eksperimen. Analisis efektivitas dengan menggunakan multivariate analysis of variance (MANOVA) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran PjBL berorientasi NGSS layak digunakan dalam pembelajaran fisika dengan nilai pada RPP sebesar 3,67 (Sangat Baik), LKPD sebesar 3,55 (Sangat Baik), Bahan Ajar sebesar 3,63 (Sangat Baik), dan Instrumen Penilaian sebesar 3,75 (Sangat Baik). Pembelajaran fisika yang menggunakan perangkat PjBL berorientasi NGSS terbukti efektif dalam memfasilitasi peserta didik untuk mencapai kemampuan planning & carrying out investigation dan constructing explanation & designing solution yang ditunjukkan dengan nilai sig. yang kurang dari 0,05 pada analisis MANOVA yang dilakukan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: fisika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 19 May 2017 07:22
Last Modified: 29 Jan 2019 12:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49236

Actions (login required)

View Item View Item