Pengaruh Belajar Tari Iyo-iyo terhadap Pembentukan Karakter Siswa dalam Pembelajaran Seni Budaya di MTsN Danau Kerinci

Vita, Tia Ivonita (2017) Pengaruh Belajar Tari Iyo-iyo terhadap Pembentukan Karakter Siswa dalam Pembelajaran Seni Budaya di MTsN Danau Kerinci. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-tia-ivonita-vita-14724251004.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh belajar tari Iyo-iyo terhadap pembentukan karakter (disiplin, kerjasama, tanggung jawab) siswa dalam pelajaran seni budaya di MTsN Danau Kerinci. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 135 orang siswa di MTsN Danau Kerinci tahun ajaran 2015-2016 yang terdiri dari lima kelas. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 50 orang siswa. Ditentukan dengan menggunakan purposive samplimg. Teknik pengumpulan data dengan angket. Teknik analisis data dengan statistic uji t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) belajar tari Iyo-iyo berpengaruh secara positif dan signifkan terhadap karakter disiplin siswa, dengan nilai sig 0,00, (2) belajartari Iyo-iyo berpengaruh secara positif dan signifkan terhadap karakter kerjasama siswa, dengan nilai sig 0,00, (3) belajar tari Iyo-iyo berpengaruh secara positif dan signifkan terhadap karakter tanggung jawab siswa, dengan nilai sig 0,00. Melalui uji t-test terbukti bahwa adanya perbedaan karakter yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan tari Iyo-iyo, Hal itu dilihat dari nilai rata-rata posttest lebih besar dari pada nilai pretest. Hal tersebut menunjukan bahwa belajar tari Iyo-iyo dalam pelajaran seni budaya mampu mempengaruhi karakter siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kesenian
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 19 May 2017 04:13
Last Modified: 29 Jan 2019 12:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49233

Actions (login required)

View Item View Item