Pengembangan Model Outdoor Learning melalui Project Berbasis Local Wisdom untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Materi Gerak Melingkar

Damayanti, Indah Kurnia Putri (2017) Pengembangan Model Outdoor Learning melalui Project Berbasis Local Wisdom untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Materi Gerak Melingkar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-indah-kurnia-putri-damayanti-15726251001.swf

Download (7MB)
[img] Text
produk-indah-kurnia-putri-damayanti-15726251001.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk menghasilkan model outdoor learning melalui project berbasis local wisdom yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika, (2) mengetahui pengaruh model outdoor learning melalui project berbasis local wisdom dalam meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode pengembangan R&D (Research and Development). Tahap research pada R&D digunakan untuk memperoleh informasi berupa studi kasus, observasi, dan lain-lain. Tahap development digunakan untuk mengembangkan suatu model pembelajaran. Pada tahap development, peneliti mengadopsi model 4D, yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Subjek uji coba terbatas adalah 10 peserta didik kelas X SMAN 2 Klaten. Subjek uji coba lapangan pada kelas eksperimen sebanyak 34 peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 2 Klaten dan pada kelas kontrol sebanyak 35 peserta didik kelas X MIPA 5 SMAN 2 Klaten. Pengumpulan data menggunakan instrumen penilaian produk, angket check list peserta didik, lembar observasi penilaian keterampilan proses, tes hasil belajar, angket respon peserta didik, angket respon pengguna/observer, dan angket keterlaksanaan RPP. Teknik analisis data menggunakan analisis Multivariate (MANOVA) dengan taraf signifikansi 0,05 dan General Linear Model Mixed Design (GLMMDs). Hasil dari penelitian pengembangan ini yaitu: (1) penilaian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika ditinjau dari panduan penggunaan model yang telah memenuhi kategori sangat tinggi menurut para ahli, bahan ajar telah memenuhi kategori sangat tinggi menurut para ahli, perangkat pendukung pembelajaran memenuhi kriteria sangat tinggi menurut para ahli, lembar observasi telah memenuhi kriteria valid menurut para ahli dan reliabel berdasarkan hasil uji Intraclass Correlation Coefficients (ICC), butir soal telah memenuhi kriteria valid menurut para ahli dan reliabel berdasarkan hasil uji Quest, dan kepraktisan model berdasarkan penilaian guru dan peserta didik yang telah memenuhi kriteria sangat positif (praktis), (2) penggunaan model outdoor learning melalui project berbasis local wisdom lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar kognitif ditinjau dari hasil analisis MANOVA dengan sig.=0,0000 dan nilai mean difference (MD) atau profile plots yang lebih tinggi daripada model direct instruction.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode pengajaran
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 19 May 2017 04:00
Last Modified: 29 Jan 2019 12:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49232

Actions (login required)

View Item View Item