Pengembangan Model Outdoor Learning melalui Game Berbasis Local Wisdom untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Materi Keseimbangan Benda Tegar

Fahmi, Rahayu (2017) Pengembangan Model Outdoor Learning melalui Game Berbasis Local Wisdom untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Materi Keseimbangan Benda Tegar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rahayu-fahmi-15726251011.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menghasilkan model outdoor learning melalui game berbasis local wisdom yang layak untuk pembelajaran fisika bagi peserta didik kelas XI pada materi Keseimbangan Benda Tegar, dan (2) mengetahui efektivitas model outdoor learning melalui game berbasis local wisdom untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI pada materi Keseimbangan Benda Tegar. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan mengacu langkah pengembangan 4D dengan langkah-langkah meliputi: (a) tahap pendefinisian, (b) perancangan, (c) pengembangan, dan (d) penyebarluasan. Subjek uji coba terbatas terdiri dari 34 peserta didik kelas XII MIPA 1 SMA N 2 Klaten. Subjek uji coba lapangan untuk kelas eksperimen terdiri dari 28 peserta didik kelas XI MIPA 6 dan untuk kelas kontrol terdiri dari 30 peserta didik kelas XI MIPA 1, SMA N 2 Klaten. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi untuk mengukur kemampuan komunikasi peserta didik, tes tertulis untuk mengukur hasil belajar kognitif peserta didik, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan pengkategorian skor berdasarkan kurva normal, teknik inferensial menggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model outdoor learning melalui game berbasis local wisdom yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan penilaian ahli dan hasil uji coba di sekolah, (2) model outdoor learning melalui game berbasis local wisdom efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode pengajaran
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 19 May 2017 03:51
Last Modified: 29 Jan 2019 12:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49231

Actions (login required)

View Item View Item