Pengembangan Model Pembelajaran Mahārah al-Qirā′ah Berbasis Kompetensi Gramatikal dan Wacana untuk Mahasiswa S1 Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

Nurlaila, Nurlaila (2017) Pengembangan Model Pembelajaran Mahārah al-Qirā′ah Berbasis Kompetensi Gramatikal dan Wacana untuk Mahasiswa S1 Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. S3 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurlaila-12705261003.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran mahārah al-qirā′ah berbasis kompetensi gramatikal dan kompetensi wacana yang layak digunakan untuk pembelajaran mahārah al-qirā′ah bagi mahasiswa S1 jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Di samping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan model yang dikembangkan dalam meningkatkan pemahaman bacaan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan model Borg & Gall yang dilaksanakan sampai dengan langkah ke-7 yaitu: research and information collecting, planning, developing preliminarry form of product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, dan operational product revision. Penelitian dilakukan di tiga IAIN di Sumatera Barat yaitu IAIN Padang, IAIN Bukittinggi, dan IAIN Batusangkar pada tahun pelajaran 2014/2015 dan 2015/2016. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV IAIN Batusangkar tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes sebagai teknik pengumpulan data. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitaf, dengan analisis signifikansi uji Wilcoxon dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat model pembelajaran berbasis kompetensi gramatikal dan kompetensi wacana yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran mahārah al-qirā′ah bagi mahasiswa S1 jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Kelayakan seluruh perangkat model yang dikembangkan menurut validator adalah sangat baik dengan nilai rata-rata 3,67. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman bacaan mahasiswa. Nilai signifikansi yang diperoleh pada tahap uji coba adalah 0,025 (<0,05).

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: bahasa Arab
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Asing
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Pendidikan Bahasa
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 18 May 2017 09:01
Last Modified: 29 Jan 2019 03:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49225

Actions (login required)

View Item View Item