Pengembangan Model Latihan Imagery untuk Meningkatkan Keterampialn Lay up Shoot pada Peserta Ekstrakurikuler Bola basket SMA di Kabupaten Batang, Jawa Tengah

Kurnianto, Haris (2017) Pengembangan Model Latihan Imagery untuk Meningkatkan Keterampialn Lay up Shoot pada Peserta Ekstrakurikuler Bola basket SMA di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-haris-kurnianto-13711251053.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan sebuah model latihan imagery untuk meningkatkan keterampilan lay up shoot, dan (2) mengetahui keefektifan model yang dikembangkan pada peningkatan keterampilan lay up shoot oleh peserta ekstrakulikuler bola basket SMA di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur penelitian yang mengacu pada pemaparan teori Sugiyono yang terdiri dari 10 langkah pelaksanaan yaitu: (1) studi pendahuluan dan pengumpulan data; (2) perencanaan tujuan penelitian, dana, dan waktu; (3) pengembangan produk awal, (4) ujicoba awal subjek yang terbatas; (5) revisi untuk menyusun produk utama; (6) uji coba lapangan utama dengan subjek yang lebih luas; (7) revisi untuk menyusun produk operasional; (8) uji coba keefektifan produk, (9) revisi produk final; dan (10) diseminasi produk. Pengembangan model dilakukan di SMA 1 Wonotunggal Batang, Jawa Tengah yang melibatkan 13 siswa pada uji coba skala kecil. Uji coba skala besar dilakukan di SMA 1 Subah Batang, Jawa Tengah dan SMA 1 Batang yang melibatkan 27 siswa. Uji keefektifan implementasi produk akhir dilakukan di SMA 2 Batang menggunakan metode eksperimen. Diseminasi produk melalui jurnal penelitian dan seminar. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar validasi ahli, dan lembar observasi implementasi produk. Teknik analisis: validitas dan reabilitas data menggunakan hitungan content validity ratio (CVR) dan uji produk menggunakan hitungan P = : N x 100% dengan standar klasifikasi kelayakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) produk yang dihasilkan berupa buku panduan latihan imagery untuk meningkatkan latihan lay up shoot, (2) model yang dikembangkan layak dan ada perbedaan antara skor lay up shoot dalam pretest dengan skor lay up shoot dalam posttest pada kelompok eksperimen dan antara skor lay up shoot dalam posttest pada kelompok eksperimen dengan skor lay up shoot dalam posttest pada kelompok kontrol pada taraf signifikansi > 5%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: bola basket
Subjects: Olahraga
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 18 May 2017 07:12
Last Modified: 29 Jan 2019 12:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49219

Actions (login required)

View Item View Item