Pengembangan Pedoman Program Latihan Kebugaran bagi Korban Penyalahgunaan NAPZA di Pusat Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial NAPZA BRSPP DIY

Nugroho, Arifin Ika (2017) Pengembangan Pedoman Program Latihan Kebugaran bagi Korban Penyalahgunaan NAPZA di Pusat Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial NAPZA BRSPP DIY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arifin-ika-nugroho-15711251047.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah Produk Buku “Based Sport Activities Management” Pedoman Program Latihan Kebugaran bagi Korban Penyalahgunaan NAPZA di Pusat Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial NAPZA BRSPP Daerah Istimewa Yogyakarta. Produk yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan oleh praktisi dan korban penyalahgunaan NAPZA sebagai salah satu bentuk model latihan yang baik dan efektif dalam meningkatkan kebugaran. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan langkah-langkah penelitian sebagai berikut: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) desain draf awal, (4) validasi draf awal dan revisi, (5) uji coba skala kecil dan revisi, (6) uji coba skala besar dan revisi, (7) produk akhir, dan (8) uji efektivitas. Uji coba skala kecil dilakukan pada empat orang petugas dan 6 orang korban penyalahgunaan NAPZA. Uji coba skala besar dilakukan pada empat orang petugas dan 16 orang korban penyalahgunaan NAPZA. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) pedoman wawancara, (2) angket untuk ahli materi dan media, (3) angket untuk praktisi atau petugas dan subjek coba, (4) tes Cooper (lari 12 menit) untuk uji efektivitas. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa buku pedoman program latihan kebugaran bagi korban penyalahgunaan NAPZA di Pusat Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial NAPZA BRSPP Daerah Istimewa Yogyakarta dengan judul Buku “Based Sport Activities Management” Pedoman Program Latihan Kebugaran Bagi Korban Penyalahgunaan NAPZA. Dari hasil analisis data penilaian para ahli, praktisi/petugas, dan subjek coba, dapat ditarik kesimpulan bahwa buku pedoman program latihan kebugaran bagi korban penyalahgunaan NAPZA di Pusat Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial NAPZA BRSPP Daerah Istimewa Yogyakarta ini dinilai baik dan efektif, sehingga produk yang dikembangkan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: olahraga, NAPZA
Subjects: Olahraga
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 18 May 2017 06:54
Last Modified: 29 Jan 2019 12:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49217

Actions (login required)

View Item View Item