LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

KRISWANTORO, KRISWANTORO (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) agar mahasiswa mampu mengembangkan dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah, untuk diterapkan dalam kehidupan nyata khususnya di lembaga pendidikan formal dan lembaga pendidikan non formal. Kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa mencangkup kompetensi sosial, pedagogik, profesional dan kepribadian. Secara umum, tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap pembekalan, penerjunan, praktik mengajar, dan penarikan. Pelaksanaan program PPL dimulai dari tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016 bertempat di SMK Muhammadiyah 1 Bantul yang beralamat di Jln. Parangtritis Km 12, Manding, Trirenggo, Bantul yang diisi dengan kegiatan pendampingan fortasi (penerimaan peserta didik baru), observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing lapangan, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, penyusunan materi, praktik mengajar dan evaluasi konsultasi dan pembuatan administrasi guru yang lain (perhitungan minggu efektif, membuat daftar hadir, membuat agenda harian guru, analisis SK-KI-KD). Dalam praktik mengajar, kelas yang diampu adalah kelas X Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 1, 2, 3, 4 dengan total jam pertemuan dikelas adalah 105 jam. Mata pelajaran yang diampu adalah Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif yang terdiri dari K3, alat tangan (handtools), Powertools, meliputi pembuatan soal praktikum dan Alat ukur (mekanik, elektrik dan pneumatik), scrap, las listrik dan asetilin dan bor (duduk). Secara keseluruhan Program PPL dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Pada realisasinya kegiatan berjalan sesuai dengan target yang sudah direncanakan. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung. Program yang diselenggarakan pada kegiatan PPL, disusun untuk meningkatkan proses pengajaran dan proses belajar siswa. Selain itu, juga untuk melatih praktikan sebelum terjun ke lapangan kerja nantinya. Dengan demikian, praktikan memiliki keterampilan dalam manajerial kelas dan sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan output yang handal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 May 2017 06:00
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49214

Actions (login required)

View Item View Item