Tri Anindia, Annastasya (2017) PENGEMBANGAN MEDIA TIGA DIMENSI MATERI PERUBAHAN ENERGI UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMPN 1 MUNGKID. S1 thesis, FMIPA UNY.
|
Text
abstrak.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (741kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
daftar putaka .pdf Download (170kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengembangkan media pembelajaran yang layak pada materi perubahan energi, 2) untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar kognitif setelah menggunakan pengembangan media tiga dimensi dilihat dari hasil belajar siswa. karakteristik pengembangan media tiga dimensi ini adalah menghubungkan materi fotosintesis dengan perubahan energi yang dibuat berdasarkan permasalahan yang ada di kehidupan sehari-hari yang dapat dilihat oleh siswa secara langsung. Pengembangan media tiga dimensi ini diadaptasi dari model Borg and Gall (1989), yaitu tahap penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf, diuji coba dan dideseminasi. Pengembangan media tiga dimensi divalidasi oleh satu dosen ahli media, satu dosen ahli materi dan dua guru IPA SMPN 1 Mungkid. Instrumen yang digunakan untuk melihat kelayakan penggunakan media tiga dimensi terdiri dari instrumen keterlaksanaan pembelajaran, instrumen validasi produk media tiga dimensi, lembar angket responden siswa serta untuk melihat peningkatan hasil belajar kognitif siswa menggunakan analisis gain score dari soal pretest dan posttest. Hasil yang diperoleh dari pengembangan media tiga dimensi materi perubahan energi layak digunakan untuk menjadi media pembelajaran dengan katagori sangat baik dan dapat meningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas VII di SMPN 1 Mungkid yang dilihat dari hasil rata-rata analisis gain score dengan katagori sedang. Kata kunci: Hasil belajar kognitif, Media tiga dimensi, Perubahan energi. The purpose of this research are 1) to develop decent learning medias for energy's change material, 2) to know there is increase or not the result of cognitive after using three-dimensional media's development that seen from student's. The characteristics of this three-dimensional media development are to linking the photosynthesis material with energy's change that are made based on the daily's problem that can be seen by students directly. The development of three-dimensional media is adapted from Borg and Gall's model (1989), that is from the stage of research and data collection, planning, development draf, after that it was tested and then disseminated. The three-dimensional media development is validated by one of the media expert lecture, one of the media expert lecturer and two science teachers of SMPN 1 Mungkid. The instruments that used in three-dimensional media is to look the appropriateness of the three-dimensional media's use, among others, learning implementation instrument, validation of three-dimensional product's instrument, student respondents questionnaire sheet to see the increasing of the student's understanding with "gain score" analysis from the pretest and posttest. Result that obtained from the three-dimensional media development "change of the energy material" is proper to use as learn media with very good catagory and can to increase student's cognitive result at class VII in SMPN 1 Mungkid that seen from the average result of "gain score" analysis included medium category.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Energy's change, Result of cognitive, Three-dimensional media. |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPA FMIPA |
Date Deposited: | 13 Oct 2017 01:31 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:10 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49209 |
Actions (login required)
View Item |